Dinas Lingkungan Hidup Sidak Cerobong Asap Industri Cemari Udara

Dinas Lingkungan Hidup Sidak Cerobong Asap Industri Cemari Udara
Dinas Lingkungan Hidup sidak cerobong asap industri yang cemari udara di kawasan Cakung, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / CAH Kamis, 8 Agustus 2019 | 13:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk menindaklanjuti Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara dan melakukan pengawasan rutin, Dinas Lingkungan Hidup DKI melakukak inspeksi mendadak (sidak) ke dua industri di Jakarta Timur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Andono Warih mengatakan sidak dilakukan sebagai upaya penegakan hukum terhadap industri yang cerobongnya terbukti mencemari udara.

“Inspeksi ini merupakan salah satu pelaksanaan Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara,” kata Andono Warih disela-sela sidak, Kamis (8/8/2019).

Kepatuhan industri terhadap aturan hukum terkait lingkungan hidup secara rutin telah dilakukan oleh petugas pengawas lingkungan hidup. “Masyarakat juga dapat membuat aduan atas dugaan pencemaran lingkungan oleh industri. Kami akan segera menindaklanjutinya,” ujar Andono Warih.

Pengawasan yang dilakukan pihaknya, tambah Andono Warih, tidak hanya terhadap kepatuhan pemenuhan baku mutu cerobong emisi gas buang saja.

Namun juga terhadap aspek persyaratan teknis lingkungan hidup lainnya, seperti tersedianya instalasi pengolahan air limbah domestik, tata kelola limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), dan kepatuhan melaporkan kegiatan pengendalian lingkungan.

“Sepanjang tahun 2019, kami telah menjatuhkan sanksi kepada 77 pelaku usaha yang terbukti tidak patuh atas ketentuan lingkungan. Jumlah ini jauh meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 18 pelaku,” ungkap Andono Warih.



Sumber: BeritaSatu.com