Jasa Marga Perpanjang Uji Coba Relokasi Lawan Arus Tol Dalam Kota

Jasa Marga Perpanjang Uji Coba Relokasi Lawan Arus Tol Dalam Kota
"Contra flow" di ruas tol Cikampek. ( Foto: Antara )
Mikael Niman / JAS Rabu, 14 Agustus 2019 | 18:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Uji coba relokasi titik awal contra flow atau lawan arus di Tol Dalam Kota yang telah berlangsung selama lima hari (7-9 Agustus dan 12-13 Agustus 2019) berjalan cukup efektif. Terutama, tiga hari terakhir ketika pengaturan titik awal contra flow dilakukan pada dua lokasi.

Berdasarkan evaluasi inilah, Jasa Marga Regional Jabotabek Jabar selaku pengelola Jalan Tol Dalam Kota bersama dengan Kepolisian akan memperpanjang waktu pemberlakuan uji coba contra flow tersebut dengan skema yang sama, yakni mulai pukul 06.00-08.00 WIB, titik awal contra flow adalah KM 0+200 Halim Perdanakusuma, dengan titik akhir KM 8+100 Senayan.

Lalu, pada pukul 08.00-10.00 WIB, titik awal contra flow adalah KM 1+700 Cawang, dengan titik akhir yang sama, yaitu KM 8+100 Senayan.

Perpanjangan waktu pemberlakuan uji coba relokasi contra flow Jalan Tol Dalam Kota ini ditargetkan akan berlangsung hingga titik awal contra flow di Halim dapat dipermanenkan," ujar‎ Jasa Marga Regional JabodetabekJabar Division Head, Reza Febriano, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/8/2019).

Dia menambahkan, ada peningkatan lalu lintas pada hari Selasa (13/8/2019) dibandingkan hari sebelumya yang mengakses contra flow Tol Dalam Kota dari arah Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 42 persen dari total kendaraan yang mengarah barat, maupun dari arah Tol Jagorawi sebanyak 27 persen dari total kendaraan menuju ke arah barat.

Selain itu, kata Reza, kepadatan lalu lintas Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Jagorawi yang mengarah ke Tol Dalam Kota juga dapat dicairkan lebih cepat dengan uji coba relokasi titik awal contra flow tersebut.

"Kami mencatat lalu lintas dari arah Tol Jakarta-Cikampek saat contra flow KM 0+200 Halim diberlakukan itu cenderung lancar, antrean di GT Halim sekitar pukul 08.00 WIB sudah mulai mencair (lancar)," tuturnya.

Hal ini sama juga terjadi di Tol Jagorawi, bahkan dalam waktu yang lebih cepat, sekitar pukul 08.15 WIB antrean di GT Cililitan sudah terurai dan lalu lintas dari Tol Jagorawi menuju Tol Dalam Kota pun tampak lebih lancar.

Dengan diperpanjangnya waktu pemberlakuan uji coba relokasi contra flow Tol Dalam Kota, Jasa Marga mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin masih timbul di lapangan.

"Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan agar mengantisipasi dan patuhi rambu serta arahan petugas, terutama menjelang titik awal contra flow," ucapnya.‎



Sumber: Suara Pembaruan