Gelaran Formula E, DKI Kembali Ajukan Rp 934 M

Gelaran Formula E, DKI Kembali Ajukan Rp 934 M
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. ( Foto: Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun )
/ YUD Kamis, 15 Agustus 2019 | 19:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dana perhelatan Formula E yang diajukan Pemprov DKI Jakarta dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019 telah disepakati oleh DPRD DKI Jakarta sebesar 20,79 juta poundsterling atau sebesar Rp 360 miliar.

Akan tetapi, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2020, Pemprov DKI Jakarta juga mengajukan anggaran hampir Rp 934 miliar untuk rangkaian balap mobil listrik ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan hal tersebut masih dalam tahap pembahasan dan belum final, namun mantan Menteri Pendidikan itu tidak menampik hal tersebut.

"Iya ini semua prosesnya transparan dan memang semua sesuatu yang harus ada jika melakukan event internasional," kata Anies di Balaikota, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Anies menyebut seharusnya hal itu menjadi lumrah jika suatu negara menggelar event internasional sehingga tidak perlu dibesar-besarkan. Dia kemudian membandingkan dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu.

"Ketika bahas Asian Games, ada ngak teman lihat berapa biaya untuk proses-nya. Kita udah aja begitu (terima). Moto GP di Semarang nggak ada (ramai), sekarang dibahas seakan-akan baru pertama. Ini sesungguhnya sesuatu yang normal kalau kita lihat dalam sebuah event," ujar Anies.

Pengajuan Rp900 miliar tersebut, diajukan Pemprov DKI Jakarta dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk APBD tahun 2020 di DPRD DKI Jakarta, Kamis ini.

Adapun pengajuan anggaran R p900 miliar tersebut memiliki rincian biaya untuk penyelenggaraan sebesar 22 juta poundsterling atau sekitar Rp 378 miliar dan biaya asuransi 35 juta euro atau sekitar Rp 556 miliar. Dinas juga menyiapkan anggaran R 600 juta untuk sosialisasi pra Formula E dalam kegiatan Jakarta Fun Race 2019.

Sebelumnya, DKI Jakarta sudah mengusulkan anggaran sebanyak 20,79 juta poundsterling atau sebesar Rp 360 miliar dalam APBD-P 2019 yang telah disepakati sejak Selasa (13/8/2019) lalu bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta.

Uang tersebut, dinyatakan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai commitment fee penyelenggaraan Formula E yang akan dibayarkan pada FIA sebagai pemegang merek Formula E.



Sumber: ANTARA