Ibu Ibu Kota Awards, Penghargaan bagi Perempuan Jakarta Bangun Ibu Kota Dalam Sunyi

Ibu Ibu Kota Awards, Penghargaan bagi Perempuan Jakarta Bangun Ibu Kota Dalam Sunyi
Peluncuran ajang Ibu Ibu Kota Awards 2019 digelar di Pre Function The Hall, Senayan City Lantai 8, Jakarta Pusat, pada Selasa (20/8/2019). ( Foto: Ist )
Lenny Tristia Tambun / FMB Selasa, 20 Agustus 2019 | 16:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Ibu Ibu Kota Awards 2019. Kegiatan ini merupakan pemberian penghargaan bagi kaum perempuan Jakarta yang sederhana tetapi terlibat dalam pembangunan Ibu Kota dalam kesunyian.

Sebanyak empat organisasi yang terdiri dari Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Yayasan Kanker Indonesia (YKI), dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi DKI Jakarta bersinergi dengan menggelar ajang apresiasi bagi perempuan penggerak yang melakukan #AksiHidupBaik di Jakarta.

Peluncuran ajang Ibu Ibukota Awards 2019 digelar di Pre Function The Hall, Senayan City Lantai 8, Jakarta Pusat, pada Selasa (20/8/2019).

Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus penggagas Ibu Ibu Kota Awards 2019, Fery Farhati mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengapresiasi kaum ibu di ibu kota yang bergerak membangun Kota Jakarta dalam sunyi.

“Selama ini, ternyata ada wanita-wanita yang bergerak di tengah-tengah masyarakat, memberikan dampak positif bagi pengembangan lingkungan, pemberdayaan masyarakat dan wilayah tempatnya tinggal. Tetapi ternyata apa yang mereka lalukan tidak permah muncul ke permukaan. Padahal apa yang mereka lakukan telah berdampak pada lingkungan dan warga sekitarnya,” kata Fery Farhati dalam acara tersebut.

Melihat hal itu, maka Fery Farhati bersama CEO El Corps, Elidawati Ali Oemar dan Pendiri Sekolah Cikal, Najeela Shihab menggagas ajang Ibu Ibu Kota Awards 2019. Kegiatan ini baru pertama kali diadakan. Diharapkan acara ini dapat diadakan setiap tahunnya untuk memberikan penghargaan bagi kaum perempuan yang melahirkan cerita-cerita inspiratif sehingga membuat Jakarta lebih berwarna, harmonis dan humanis.

“Melalui ajang ini, kami ingin memberikan apresiasi kepada para perempuan penjaga marwah Jakarta. Selama ini mereka menjadi aktor lokal yang bekerja dalam sunyi, melakukan berbagai gerakan dan kegiatan demi menciptakan Jakarta yang humanis dan harmonis,” ujar Fery Farhati.

Dengan adanya Ibu Ibu Kota Awards, lanjut Fery Farhati, akan mengangkat kisah-kisah inspiratif kaum perempuan Jakarta yang telah memberikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk membangun Kota Jakarta.

“Tentunya, kami berharap kisah-kisah yang muncul dalam permukaan ini, bisa menjadi insipirasi bagi kaum perempuan lainnya dan warga Jakarta untuk melakukan hal yang sama dalam membangun Kota Jakarta,” terang Fery Farhati.

Dalam acara yang sama, Ketua Panitia Ibu Ibu Kota Awards 2019, Rusmiati Saefullah, mengatakan ajang ini juga dilakukan untuk mengapresiasi kaum perempuan penggagas penggerak kegiatan yang berdampak bagi warga, lingkungan dan Jakarta.

Saat ini pendaftaran kisah perempuan yang telah melakukan dampak perubahan sudah dilakukan. Telah terkumpun 152 cerita inspiratif tentang kaum perempuan Jakarta. Dengan rincian, 50 cerita di bidang PKK, 18 cerita di bidang Pelestarian Lingkungan, 33 cerita di bidang Kesehatan, 24 cerita di bidang pengembangan kerajinan dan 27 cerita di bidang pendidikan orang tua dan anak usia dini.

“Mengetahui banyak cerita inspiratif tentang karya perempuan Jakarta yang masuk, telah memberikan amunisi semangat dan optimisme bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi Kota Jakarta,” kata Rusmiati Saefullah.

Beberapa acara yang akan digelar sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Ibu Ibukota Awards adalah lomba “Menulis Cerita Ibu Ibu Kota” bagi penulis, blogger, dan jurnalis; Pameran Kerajinan Anak bersama pelajar dan perajin Jakarta pada 24-25 Agustus 2019 di Cilandak Town Square; Pasar Raya Bersama Ibu Ibukota pada 30 November-1 Desember 2019 di Taman Suropati; dan Puncak Acara Ibu Ibu Kota Awards pada 20 Desember 2019.



Sumber: BeritaSatu.com