PDAM Tingkatkan Kapasitas Air Bersih di Kabupaten Bekasi Bagian Selatan

PDAM Tingkatkan Kapasitas Air Bersih di Kabupaten Bekasi Bagian Selatan
Tempat penampungan air bersih (booster) berkapasitas 2.000 m3 untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di Kabupaten Bekasi bagian Selatan yakni Kecamatan Cibarusah, Serangbaru, Cikarang Selatan dan Cikarang Pusat. ( Foto: Suara Pembaruan/Mikael Niman )
Mikael Niman / CAH Kamis, 22 Agustus 2019 | 16:29 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Air bersih di wilayah Kabupaten Bekasi bagian Selatan terus diproduksi, saat musim kemarau tahun ini. Produksi air bersih ini untuk mencukupi kebutuhan masyarakat di Kecamatan Cibarusah, Serangbaru, Cikarang Selatan dan Cikarang Pusat. Termasuk, tiga desa di Cibarusah yang selalu terdampak kekeringan di saat musim kemarau yakni Desa Ridomanah, Ridogalih dan Sirnajati.

‎Guna memenuhi penyediaan air bersih di wilayah itu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi, bekerjasama dengan badan usaha swasta, membangun booster atau tempat pempungan air bersih.

Booster berkapasitas 2.000 meter kubik (m3) berada di Perumahan Kota Serang Baru (KSB), Desa Sukaragam, Kecamatan Serangbaru, Kabupaten Bekasi.

"Dengan pembangunan booster 2.000 m3 dapat meningkatkan cakupan pelayanan air bersih masyarakat Kabupaten Bekasi bagian Selatan," ujar Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Usep Rahman Salim, Kamis (22/8/2019).

Dia mengatakan, pembangunan booster tersebut merupakan kerja sama dengan PT Moya Bekasi Jaya. ‎Air bakunya berasal dari air Kalimalang yang berada di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Moya Tegalgede, Kecamatan Cikarang Selatan, dengan pipa jaringan distribusi utama (JDU) di Jalan Raya Serang-Cibarusah.

Selain tiga desa yang kerap kekeringan, wadah penampungan air bersih ini dapat melayani p‎asokan air di Desa Cilangkara, Nagacipta, Nagasari, Sukasari, Sukaragam, Serangbaru, Cibarusah Kota, serta Desa Sindangmulya.

Kepala Cabang PDAM Cibarusah, Ganjar Munandar, mengatakan saat ini telah memiliki dua booster di Perumahan Mega Regency kapasitas 1.700 m3 dan 250 m3. Kemudian, booster Loji berkapasitas 1.000 m3, yang dalam perbaikan.

"Ditargetkan dapat melayani sekitar 43.000 pelanggan‎ di Kabupaten Bekasi bagian Selatan atau dapat meningkatkan 20 persen masyarakat," katanya.

Saat ini, di Kantor Cabang Cibarusah sudah ada pelanggan sekitar 13.000 pelanggan. 



Sumber: Suara Pembaruan