Tinggalkan Kalideres, Pengungsi Dapat Uang Kontrakan dari UNHCR

Tinggalkan Kalideres, Pengungsi Dapat Uang Kontrakan dari UNHCR
Para pencari suaka yang mengungsi di wilayah Kalideres, Jakarta Barat. ( Foto: ID/Gagarin )
Lenny Tristia Tambun / HA Jumat, 30 Agustus 2019 | 16:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri mengatakan ribuan pengungsi pencari suaka telah dipindahkan secara bertahap sejak kemarin, Kamis (29/8/2019) dari gedung eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat.

Mereka tidak lagi dipindahkan ke tempat pengungsian, melainkan diberikan uang oleh United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) atau Badan PBB untk Urusan Pengungsi untuk mencari rumah kontrakan.

“Sudah sejak kemarin mereka dipindahkan. Mereka tidak dipindahkan ke Tebet. Tetapi di Tebet itu, mereka diberikan bantuan untuk kos atau sewa rumah,” kata Taufan saat dihubungi, Jumat (30/8/2019).

Dengan bantuan dana dari CSR perusahaan rekanan UNHCR, para pengungsi pencari suaka diminta untuk mencari tempat tinggal sendiri. Mengingat, tempat pengungsian di Kalideres harus segera dikosongkan besok.

Pembagian dana bantuan tersebut dilakukan di Gedung Learning, Jalan Asem Baris, Tebet, Jakarta Selatan.

“Jadi bukan dipindahkan ke sana. Tapi mereka dibagikan duit dan disuruh cari tempat tinggal. Itu dana bantuan dari CSR perusahaan yang dihubungi UNHCR. Jadi bukan dipindah, tapi diajak ke sana, dibagi duit di sana,” ujar Taufan.

Taufan mengatakan tidak tahu besaran uang yang diberikan UNHCR kepada pengungsi pencari suaka. Yang dia tahu, dana baru bisa diberikan kepada 400 pencari suaka, karena perusahaan yang membantu hanya bisa mengalokasikan dana untuk 400 orang saja.

“Itu ada 400 yang bisa dibantu. Sisanya akan dibantu lagi. Ketemu orang yang baik hati mau membantu 400 orang. Itu pun hasil konseling, mereka yang rentan untuk segera dibiayai ada 400 orang. Sisanya, UNHCR harus segera cepat cari duit lagi. Karena waktu tinggal besok, kita harus mengosongkan tempat itu,” jelas Taufan.



Sumber: BeritaSatu.com