Kemhub Gelar Konvoi Kendaraan Bermotor Listrik

Kemhub Gelar Konvoi Kendaraan Bermotor Listrik
Kementerian Perhubungan (Kemhub) menggelar acara konvoi kendaraan bermotor listrik dalam rangkaian kegiatan pameran kendaraan listrik yang digelar di kawasan Monas, Jakarta. ( Foto: Beritasatu.com/Herman )
Herman / CAH Sabtu, 31 Agustus 2019 | 09:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Perhubungan (Kemhub) menggelar acara konvoi kendaraan bermotor listrik dalam rangkaian kegiatan pameran kendaraan listrik yang digelar di kawasan Monas, Jakarta.

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja ikut terlibat dalam konvoi ini, antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, hingga Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir. Konvoi tersebut mengambil rute mulai dari Monas – Bundaran Hotel Indonesia dan kembali ke Monas.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, kegiatan konvoi dan pameran kendaraan bermotor listrik ini digelar dalam upaya memperkenalkan kendaraan bertenaga listrik kepada masyarakat.

"Inisiatif ini merupakan upaya untuk bagaimana Perpres 50 Tahun 2019 bisa diberlakukan dan diterima dengan baik oleh para stakeholder. Bapak Presiden juga meminta ini segera dijalankan, khususnya untuk kendaraan umum," kata Budi Karya Sumadi di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Ditambahkan Menko Maritim, Luhut Panjaitan, implementasi kendaraan bermotor listrik ini ke depannya juga diharapkan bisa mengurangi polusi udara yang sangat berbahaya bagi kesehatan, khususnya di kota-kota besar.

"Polusi udara di Jakarta hampir 70 persen disumbang oleh kendaraan berbasis fosil. Dengan adanya kendaraan listrik, saya kira polusi ini akan berkurang dalam dua atau tiga tahun ini," kata Luhut.

Sejumlah perusahaan otomotif yang ikut serta dalam kegiatan konvoi dan juga pameran kendaraan listrik di antaranya produsen kendaraan Listrik dalam negeri seperti Gesits. Kemudian turut serta perguruan tinggi yang memproduksi kendaraan listrik seperti Institut Teknologi Surabaya (ITS). Selain itu, ikut hadir pula produsen kendaraan seperti Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Mitshubisi, Tesla, dan tidak ketinggalan perusahaan aplikator ojek online Grab dan Gojek.

Ditambahkan Kepala Biro Komunikasi dan informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hengki Angkasawan,
pascaterbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 Tentang percepatan program kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, Kemenhub tengah menyiapkan peraturan Menteri Perhubungan tentang Uji Tipe dan Uji Berkala.

“Paralel dengan itu, Kemenhub terus mendorong stakeholder transportasi untuk bersiap mengimplementasikan kendaraan listrik, terutama untuk angkutan umum massal perkotaan,” ujar Hengky.



Sumber: BeritaSatu.com