Palyja Fokus Tingkatkan Pelayanan Pelanggan

Palyja Fokus Tingkatkan Pelayanan Pelanggan
Presiden Direktur PT Palyja, Robert Rerimassie (kiri) menyapa dan melayani pelanggan di KHP Palyja Jalan Taman Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2019). ( Foto: istimewa )
Lenny Tristia Tambun / BW Rabu, 4 September 2019 | 23:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan, salah satu operator air bersih mitra PDAM Jaya, PT Pam Lyonnaise Jaya (Palyja) akan fokus dalam peningkatan pelayanan pelanggan. Hal itu dikatakan Presiden Direktur (Presdir) PT Palyja, Robert Rerimassie.

“Kita akan upayakan yang terbaik. Yang penting kualitas pelayanan meningkat. Sehingga pelanggan dapat terlayani dengan baik,” kata Robert saat melayani pelanggan di Kantor Hubungan Pelanggan (KHP) Palyja, Jalan Taman Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2019).

Untuk meningkatkan pelayanan pelanggan, Palyja fokus pada empat kriteria, yakni interaksi dengan pelanggan, kualitas air, kuantitas air, dan kontinuitas.

“Empat kriteria itu harus kita pegang. Kalau ada yang lebih dari empat kriteria itu, pasti juga akan lakukan. Namun, kita fokus pada empat kriteria itu. Itu adalah standar pelayanan minimum (SPM) kita yang ingin kita capai,” ujar Robert Rerimassie.

Selama dua tahun terakhir, empat kriteria itu sudah dijalankan. Hasilnya indeks kepuasan pelanggan semakin baik. “Kita kejar agar semakin turun. Tahun ini kita mau lakukan survei indeks kepuasan. Sejauh ini indeksnya baik. Tetapi kita mau lebih baik lagi,” ungkap Robert.

Untuk interaksi dengan pelanggan, pihaknya ingin mempercepat tindakan dari keluhan pertama sampai penyelesaian masalah. Begitu juga akan mencoba pelayanan call center pada Sabtu yang selama ini belum dapat dilakukan.

“Kalau ada keluhan harus ditangani dengan baik. Kita mau makin lama makin pendek lagi waktu penanganan keluhan pelanggan. Dari pertama kali menyampaikan keluhan sampai beres itu harus diperpendek. Kita lagi pikirkan kalau ada keluhan pada hari Sabtu bisa apa tidak. Karena selama ini sangat sulit karena orangnya enggak ada,” jelas Robert Rerimassie.

Untuk kualitas, kuantitas, dan kontinuitas air, lanjutnya, dilakukan penghematan air dengan mencari kebocoran air. Lalu melakukan perbaikan jaringan perpipaan dan kualitas air bersih.

Pada Hari Pelanggan, Palyja juga turut menyapa dan melayani para pelanggan di seluruh kantor hubungan pelanggan (KHP) dan Palyja keliling.

Masing masing lokasi akan di hadiri oleh perwakilan manajemen Palyja. Mereka akan menyapa, berkomunikasi dengan pelanggan untuk mengetahui masukan masukan yang diberikan langsung oleh pelanggan.

Berdasarkan pantauan, terlihat Presiden Direktur PT Palyja, Robert Rerimassie menyapa dan melayani pelanggan di KHP Palyja Jalan Taman Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Pada hari pelanggan, kita mau menggunakan kesempatan ini untuk melihat feedback dari pelanggan, apakah kita sudah cukup baik atau belum. Kalau belum kita perbaiki,” tukasnya.



Sumber: Suara Pembaruan