Gerindra DKI Soroti Capaian Rumah DP 0 Rupiah

Gerindra DKI Soroti Capaian Rumah DP 0 Rupiah
Pembangunan rumah susun DP nol rupiah. ( Foto: Antara )
Carlos Roy Fajarta / WBP Jumat, 6 September 2019 | 20:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta mempertanyakan capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI Jakarta terkait progres rumah dengan uang muka (down payment/DP) 0 rupiah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik saat pelaksanaan pendidikan dan pelatihan anggota Fraksi Gerindra DKI Jakarta di Putri Duyung, Ancol Taman Impian, Kota Jakarta Utara pada Jumat (6/9/2019).

"Kita selalu evaluasi pemerintah daerah berdasarkan RPJMD. Contohnya di RPJMD pak Anies itu Rumah DP 0 Rupiah itu 250 ribu unit dalam 5 tahun," ujar Muhammad Taufik asal fraksi Gerindra ini.

Dikatakannya, dari total 250.000 unit rumah DP 0 Rupiah, yang akan dibangun swasta mencapai 200.000 unit. Sedangkan sisanya dikerjakan Pemprov DKI Jakarta melalui instansi terkait.

"Sudah diberikan keringanan apa pada pihak swasta agar mereka terangsang mau membangun DP 0 Rupiah. Yang 50.000 adalah tugas Dinas di DKI dimana 10.000 unit per tahun, ya kita tanya dong berapa mereka sudah bangun," tambah Muhammad Taufik.

Sementara pembekalan dilakukan terhadap caleg Gerindra di DPRD DKI Jakarta yang berjumlah 19 orang. Dari total itu, 13 orang merupakan anggota DPRD wajah baru.

Sementara Ketua DPC Gerindra Jakarta Utara S. Andyka menyebutkan pihaknya turut memberikan pemahaman kepada anggota DPRD baru terkait proses pengawasan program kerja pemerintah daerah khususnya dalam bidang pengawasan program maupun penganggaran.



Sumber: Suara Pembaruan