DPRD Wacanakan Wagub DKI Dua Orang

DPRD Wacanakan Wagub DKI Dua Orang
Pantas Nainggolan dari PDIP dan Syarif dari Gerindra Dipilih Menjadi Pimpinan Sementara DPRD DKI, ( Foto: Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun )
Erwin C Sihombing / Lenny Tristia Tambun / YUD Selasa, 10 September 2019 | 19:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Di tengah pembahasan tata tertib (tatib) DPRD DKI, muncul usulan agar Wagub DKI yang hingga kini masih lowong bisa dijabat oleh dua orang. Gagasan tersebut diwacanakan oleh sebagian anggota dewan yang memandang Gubernur Anies Baswedan penting untuk memiliki dua orang wakil.

"Sekali lagi ini hanya sekadar usulan. Jadi prinsipnya kita tidak ingin melanggar aturan. Tetapi kalau ada peluang untuk memperbaiki aturan, kenapa tidak," kata Ketua Sementara DPRD DKI, Pantas Nainggolan di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Pantas menuturkan, usulan tersebut muncul mengingat secara historis, Gubernur DKI pernah memiliki empat orang wakil seperti pada zaman Sutiyoso memimpin DKI. Pantas bahkan menyebut Anies pernah mengaku membutuhkan tenaga wagub lebih dari satu orang.

Pihaknya bakal menyampaikan adanya usulan tersebut kepada Mendagri, mengingat peluang itu dimungkinkan jika pemerintah bersama DPR merevisi UU Daerah Khusus Ibu Kota Negara Republik Indonesia Jakarta.

Pantas mengakui usulan tersebut belum menjadi sikap resmi DPRD DKI, namun dia meyakini gagasan itu masih sangat relevan untuk diwacanakan mengingat banyaknya usulan agar DKI secara birokrasi bisa lebih baik lagi.

"Dulu sempat muncul usulan yang dipilih hanya gubernur, wakilnya diserahkan kepada gubernur untuk memilih. Jadi intinya terserah kepada pembuat UU, mana yang lebih besar manfaatnya daripada mudaratnya," kata Pantas.

Wakil Ketua DPRD DKI sementara Syarif memiliki pandangan berbeda mengenai Wagub DKI. Dia mengaku masih memprioritaskan agar dewan dapat segera bersidang untuk memilih dua kandidat wagub dari PKS.

Syarif mengatakan, terbuka kemungkinan akhir 2019 nanti posisi Wagub DKI sudah bisa diputuskan. Alasannya, sekarang ini, dewan masih disibukan membahas draf tatib serta persiapan pelantikan pimpinan DPRD DKI definitif.

Dikatakan draf tatib DPRD bakal rampung sekitar pertengahan September ini, disusul dengan pembentukan alat kelengkapan dewan. Sedangkan pelantikan pimpinan dewan yang definitif belum dapat dipastikan.

"Harapan saya pada sebelum 20 Desember nanti, wagub DKI yang baru sudah terpilih," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com