Udara Tercemar, DKI Akan Pasang Alat Filter Udara di SDN Cilincing

Udara Tercemar, DKI Akan Pasang Alat Filter Udara di SDN Cilincing
Ilustrasi polusi udara di Jakarta. ( Foto: ANTARA FOTO / Muhammad Adimaja )
Lenny Tristia Tambun / MPA Senin, 16 September 2019 | 19:58 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Udara tercemar asap pembuatan arang, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan mengirimkan tim untuk memasang filter udara di SDN 07 Cilincing, Jakarta Utara.

Gedung sekolah ini berada dekat dengan pabrik pembuatan arang dan peleburan aluminium.

“Kita akan kirim tim kesitu untuk pemfilteran, agar sekolah itu bisa bebas. Dalam jangka pendek itu dilakukan. Dalam jangka panjang, ya industrinya harus bersih, jangan menimbulkan residu,” kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Dengan adanya alat filter udara yang terpasang di sekolah, ia mengharapkan siswa sekolah di SDN 07 Cilincing tidak terpapar polutan ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

“Agar anak tidak terkontaminasi dengan polutan ketika mereka belajar. Khususnya pada saat dalam ruangan belajar,” ujar Anies Baswedan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku telah menerapkan pemasangan alat filter udara di sekolah-sekolah yang berada di kawasan kebakaran di Indonesia pada tahun 2015.

“Kami menggunakan penutup untuk ruang-ruang kelas semuanya. Sehingga tetap bisa sehat, meski diluar ada asap. Itu bukan teknologi jauh-jauh, itu buatan seorang profesor dari ITB yang kita undang. Hal yang sama kita lakukan di sekolah-sekolah di Jakarta yang terekspos polutan cukup tinggi,” terang Anies Baswedan.



Sumber: BeritaSatu.com