Anies Akan Bangun Lebih Banyak Jalur Sepeda

Anies Akan Bangun Lebih Banyak Jalur Sepeda
Salah satu sudut trotoar yang baru saja diselesaikan pengerjaannya oleh Pemprov DKI Jakarta di jalur lambat Jalan Yos Sudarso, Kota Jakarta Utara pada Senin, 16 September 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Carlos Roy Fajarta Barus )
Lenny Tristia Tambun / JAS Selasa, 17 September 2019 | 17:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan akan semakin banyak membangun jalur sepeda di Jakarta. Dengan begitu, diharapkan dapat lebih mendorong warga menggunakan sepeda serta berjalan kaki.

“Dalam memperingati Hari Perhubungan Nasional, kita bicara tentang peningkatan jumlah kendaraan umum dan mendorong warga lebih banyak menggunakan sepeda serta berjalan kaki. Tidak lama lagi kita akan meluncurkan jalur-jalur sepeda yang kita harapkan nanti di Jakarta lebih banyak lagi menggunakan sepeda,” kata Anies Baswedan di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).

Dijelaskannya, sepeda tidak lagi hanya dipandang sebagai alat olahraga, tetapi juga sebagai alat transportasi yang mempunyai implikasi untuk berolahraga. Sepeda dapat menjadi alat transportasi untuk jarak dekat, tanpa harus mengalami kemacetan.

“Ini artinya, kita sedang membangun tempat-tempat parkir sepeda lebih banyak lagi. Gedung-gedung milik swasta diharapkan membangun tempat parkir sepeda lebih banyak. Dengan begitu memudahkan warga menggunakan sepeda,” ujar Anies Baswedan.

Selain akan membangun banyak jalur sepeda di Jakarta, Anies Baswedan juga akan meningkatkan penggunaan trotoar bagi pejalan kaki. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan berupaya untuk merevitalisasi trotoar agar pejalan kaki lebih aman dan nyaman berjalan.

“Kita juga akan dorong penggunaan trotoar supaya warga lebih banyak lagi berjalan kaki,” terang Anies Baswedan.



Sumber: BeritaSatu.com