5.061 Mahasiswa Jakarta Terima Dana KJMU

5.061 Mahasiswa Jakarta Terima Dana KJMU
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / CAH Senin, 30 September 2019 | 15:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan beasiswa kepada mahasiswa tidak mampu melalui program Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

KJMU tersebut diberikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kepada 5.061 mahasiswa di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Setiap mahasiswa akan mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp 9 juta per semester. Dengan begitu, dalam satu tahun, seorang mahasiswa mengantongi dana KJMU sebesar Rp 18 juta. Dana itu diberikan untuk membiayai kuliah selama empat tahun.

Sampai sejauh ini, dalam program KJMU, Pemprov DKI telah bekerja sama dengan 90 perguruan tinggi negeri (PTN). Dengan rincian, enam PTN di wilayah DKI Jakarta dan 84 PTN di luar DKI Jakarta.

“Sekarang kita juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang belajar di universitan swasta. Itu tidak dibedakan lagi antara swasta dan negeri,” ungkap Anies Baswedan.

Baca JugaDKI Sudah Salurkan KJMU ke 5.061 Mahasiswa Tak Mampu

Anies Baswedan mengharapkan program KJMU ini bisa memberikan kesempatan mahasiswa tidak mampu untuk menempuh pendidikan lebih tinggi lagi, yakni di perguruan tinggi. Sehingga mereka bisa lulus dan dapat mencari pekerjaan dengan bekal ilmu mereka selama empat tahun di perguruan tinggi.

“Kita berharap dengan adanya bantuan ini, maka anak-anak kita bisa memiliki kesempatan yang lebih luas. Mereka kelak bisa mengangkat derajat ekonomi keluarganya,” kata Anies Baswedan dalam acara tersebut.

Ada satu pesan yang disampaikan Anies kepada mahasiswa penerima dana KJMU ini. Pesannya, mereka harus bisa menjaga nama baik keluarga dan pribadi dengan menjadi mahasiwa yang berprestasi.

Baca JugaBank DKI Perluas Kegunaan KJP dan KJMU

“Sehingga kepemimpinannya tumbuh, agar mereka benar-benar menjadi mahasiswa yang nantinya dapat berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Menjadi pemimpin muda yang ikut membawa perubahan,” ujar Anies Baswedan.

Tidak hanya itu, dengan menerima dana ini, Anies Baswedan mengharapkan para mahasiswa ini mampu mengelola keuangan dengan baik. Mengelola dana beasiswa yang diterimanya untuk keperluan pendidikan mereka selama di perguruan tinggi.



Sumber: BeritaSatu.com