PLN Jamin Pasokan Listrik MRT Jakarta

PLN Jamin Pasokan Listrik MRT Jakarta
Proyek Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV PLTD Senayan. ( Foto: istimewa )
Carlos Roy Fajarta / BW Rabu, 2 Oktober 2019 | 14:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – PT PLN menjamin pasokan listrik untuk moda raya terpadu (MRT) Jakarta. MRT akan tetap berjalan meski aliran listrik dari PLN tengah mengalami gangguan. Hal itu karena adanya pemberian tegangan pada proyek Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV PLTD Senayan.

"Moda transportasi MRT dan light rail transit (LRT), membutuhkan suplai listrik memadai dalam jumlah yang sangat besar. Untuk itu kami mengadakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Senayan berkapasitas 101 MW," ujar General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat, Ratnasari Sjamsuddin, Rabu (2/10/2019).

GIS 150 kV PLTD Senayan yang mulai beroperasi sejak Sabtu (28/9/2019) malam lalu merupakan bagian dari RUPTL 2018 – 2027 yang telah dicanangkan oleh pemerintah. GIS di Senayan merupakan gardu induk pasangan dalam yang hampir seluruh komponennya berada di dalam gedung.

"Konstruksi GIS ini sangat tepat digunakan di tengah kota-kota besar karena tingkat keamanan yang tinggi dan tidak merusak estetika sekitarnya. Dengan keberadaan PLTD Senayan, maka pasokan listrik untuk MRT tetap terjaga dan dapat terus beroperasi dan melayani tanpa terganggu oleh pemadaman listrik," kata Ratnasari.

Mendapat pasokan listrik dari gardu induk (GI) Karet sampai ke PLTGU Priok Barat, GIS 150 kV PLTD Senayan ini menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan kelistrikan yang kerap terjadi di DKI Jakarta dan menjaga kehandalan sub sistem Cawang - Bekasi - Muara Karang.



Sumber: Suara Pembaruan