Coba Jalur Sepeda Fase 2, Anies Gowes Sejauh 23 KM

Coba Jalur Sepeda Fase 2, Anies Gowes Sejauh 23 KM
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menguji coba langsung jalur sepeda fase 2 sepanjang 23 kilometer yang membentang dari Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan hingga Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, pada Sabtu pagi, 12 Oktober 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / CAH Sabtu, 12 Oktober 2019 | 12:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Setelah meluncurkan jalur sepeda Fase 1 pada 20 September 2019, maka hari ini, Sabtu (12/10/2019), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meluncurkan jalur sepeda Fase 2. Ia sendiri menguji coba langsung jalur sepeda fase 2 sepanjang 23 kilometer yang membentang dari Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan hingga Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Saat menguji coba jalur sepeda fase 2 ini, ia didampingi oleh pejabat DKI, komunitas sepeda, serta artis dan influencer, dari perempatan Fatmawati arah Blok M. Dalam perjalanannya, Anies Baswedan juga sempat berhenti di Stasiun MRT Cipete untuk melihat langsung lokasi parkir sepeda yang disediakan pihak MRT Jakarta.

Kemudian, Anies Baswedan melanjutkan perjalanan hingga melewati trotoar dekat Stasiun MRT Senayan sampai trotoar di Jalan Sudirman. Lalu, mengitari Bundaran HI hingga berhenti di Terowongan Kendal dekat Stasiun BNI City.

Baca Juga: Langgar Jalur Sepeda Denda Rp 500.000

“Terima kasih semua dalam Gerakan Jakarta Ramah Bersepeda. Kita ingin membuat kota yang warganya merasakan suasana lebih membahagiakan melalui transportasi sepeda,” kata Anies Baswedan di Terowongan Kendal, Jakarta Pusat.

Diungkapkannya, pengalaman kedua menguji coba jalur sepeda yang terasa jauh tetapi sangat menyenangkan. Terlebih mengggunakan sepeda merupakan pilihan hidup sehat serta tak menyisakan polusi udara.

“Hari ini kita bersepeda sejauh 23 km dari persimpangan Fatmawati TB Simatupang ke Bundaran HI. Dengan 23 km, rasanya jauh. Tetapi kalau dijalani, sangat simpel, tidak terasa apalagi kalau jalan sepedanya santai,” ungkap Anies Baswedan.

Baca Juga: Anies Ingin Jakarta Jadi Pelopor Kota Ramah Bersepeda

Merasakan hal positif bersepeda, Anies menegaskan Pemprov DKI Jakarta ke depan akan terus memfasilitasi para pesepeda agar semakin nyaman bersepeda di jalanan Ibu Kota.

“Sepeda adalah alat transportasi yang sehat serta tak menyisakan polusi udara. Karena itu, kita akan bangun lebih banyak jalur bersepeda. Harapannya, lebih banyak yang menggunakan jalur sepeda,” ujar Anies Baswedan.

Lebih lanjut, Anies Baswedan pun berharap warga lebih banyak lagi yang memanfaatkan jalur sepeda. Apalagi jika jalur sepeda yang dirancang jajaran Pemprov DKI Jakarta ke depan sudah dapat disterilkan, tentunya pesepeda akan semakin merasa nyaman bersepeda di Jakarta.

“Jalur sepeda yang dibuat butuh banyak pengguna, kita ingin lebih banyak lagi pengguna sepeda di Jalanan Ibu Kota, sehingga jalur ini kedepan makin disterilkan,” terang Anies Baswedan.

Seperti diketahui, Pempov DKI memiliki rencana untuk merealisasikan jalur sepeda permanen di akhir tahun 2019 yang dapat dinikmati oleh warga Jakarta.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Pemprov DKI melakukan uji coba jalur sepeda yang dibagi menjadi tiga fase.

Tiga fase ujicoba ini terdiri dari Fase 1 antara lain Medan Merdeka Selatan - Jalan Pemuda pada 20 September 2019 - 11 Oktober 2019 sepanjang 25 km, Fase 2 sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Jalan RS Fatmawati Raya pada 12 Oktober 2019 - 1 November 2019 sepanjang 23 km dan Fase 3 sepanjang Jalan Tomang-Jatinegara pada 2 November - 19 November 2019 sepanjang 15 km.

Total panjang jalur sepeda yang dibangun Pemprov DKI mencapai 63 km.

 



Sumber: BeritaSatu.com