Transjakarta Siapkan 10 Lokasi Parkir Sepeda

Transjakarta Siapkan 10 Lokasi Parkir Sepeda
Aktivitas penumpang di Halte Transjakarta Kampung Melayu, 30 Mei 2017. ( Foto: BeritaSatu Photo/Ibnu SN )
Lenny Tristia Tambun / JAS Sabtu, 12 Oktober 2019 | 14:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Untuk mendukung rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI merealisasikan jalur sepeda permanen di Ibu Kota, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menyiapkan 10 lokasi parkir sepeda (bikerack) di dekan halte bus Transjakarta.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan pihaknya memiliki dua rencana yang akan dilakukan untuk mendukung Jakarta Ramah Bersepeda.

Rencana pertama, menyediakan 10 lokasi parkir sepeda dekat halte dan mendesain bus Transjakarta bisa membawa sepeda besar ke dalam bus.

"Dua rencana tersebut adalah penempatan 10 lokasi parkir sepeda dekat halte, dan desain agar sepeda besar yang dapat dibawa ke dalam bus,” Kata Nadia Diposanjoyo, Sabtu (12/10/2019).

Diungkapkanya, sejak tahun 2016, armada Transjakarta sudah memperbolehkan sepeda lipat masuk ke dalam bus. Kemudian tahun ini, pihaknya akan mengembangkan kebijakan agar sepeda besar (tidak lipat) dapat dimasukkan ke dalam bus, namun tidak mengganggu kenyamanan penumpang.

“Kami sedang melakukan pengembangan untuk sepeda-sepeda jenis besar yang memerlukan ruang lebih agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang. Serta memastikan penggemar sepeda tetap dapat membawa sepeda kesayangannya selama menggunakan transportasi umum,” ujar Nadia Diposanjoyo.

Sementara itu, bikerack disediakan di halte yang berhubungan dengan tiga fase jalur sepeda. Saat ini pihaknya sedang melakukan survei lokasi yang tepat untuk pembangunan bikerack.

“Saat ini 10 tempat tersebut sedang disurvei. Kami sedang pilihkan lokasi terbaik yang memudahkan pengguna sepeda tetap dapat menggunakan transportasi umum dengan membawa sepeda kesukaan dan kesayanganya,” terang Nadia Diposanjoyo.



Sumber: BeritaSatu.com