2 Tahun Anies, Fraksi PAN Soroti Masalah Air Bersih dan Pajak

2 Tahun Anies, Fraksi PAN Soroti Masalah Air Bersih dan Pajak
Anies Baswedan. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / CAH Rabu, 16 Oktober 2019 | 17:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang genap dua tahun hari ini, Rabu (16/10/2019), Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD DKI secara khusus menyoroti masalah ketersediaan air bersih.

Ketua Fraksi PAN DPRD DKI, Lukmanul Hakim mengatakan dalam dua tahun kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Kepala Daerah di Provinsi DKI Jakarta belum mampu menyelesaikan masalah sanitasi dan air bersih.

Baca JugaDua Tahun, F-PDIP Nilai Kinerja Anies Belum Bermanfaat

“Fraksi PAN memang konsisten menyoroti masalah air bersih. Beberapa waktu lalu, kami menemukan warga Jakarta Barat yang tidak memiliki septic tank. Sehingga kotoran dari jamban rumah mereka langsung mengalir ke kali. Seperti di Kalideres itu, warga yang tinggal di sekitar Kali Maja bertahun-tahun nyuci pakai air kali,” terang Lukmanul Hakim.

Selain itu, Fraksi PAN juga menyoroti pendapatan asli daerah (PAD) yang berasal dari pajak. Fraksinya menilai realisasi pencapaian penerimaan pajak Jakarta selama dua tahun ini kurang maksimal.

Baca Juga: PSI Nilai Anies Gubernur Rasa Wali Kota

Karena itu, ia menyarankan Pemprov DKI mengembangkan suatu teknologi yang bisa mendeteksi pajak apa yang belum terserap maksimal.

"Terus masalah pajak, PAD, penyerapan pajak kurang maksimal. Penyerapan pajak dan pengawasan masih lemah. Tentu harus ditingkatkan pengawasannya, secara teknologi yang lebih canggih, lebih masih, untuk meningkatkan PAD," jelas Lukmanul Hakim.



Sumber: BeritaSatu.com