Operasi Zebra Jaya, Polisi Gelar Sidang di Tempat

Operasi Zebra Jaya, Polisi Gelar Sidang di Tempat
Pelanggar Operasi Zebra Jaya 2019, menjalani sidang di tempat, di Pos Polisi Tomang, Jakarta Barat. ( Foto: Beritasatu.com/Bayu Marhaenjati )
Bayu Marhaenjati / CAH Jumat, 1 November 2019 | 15:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Barat, menggelar kegiatan sidang di tempat, terkait pelaksanaan Operasi Zebra Jaya 2019, di Pos Polisi Tomang, Jakarta Barat. Tujuan sidang di tempat adalah mempermudah pelanggar mengurus perkaranya.

Pelaksanaan kegiatan sidang di tempat, melibatkan unsur Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Bank BRI, termasuk Badan Pendapatan Retrebusi Daerah Jakarta Barat.

"Untuk kegitan Operasi Zebra hari ini, kita melaksanakan sidang di tempat. Alasan kenapa diadakan sidang di tempat, ini untuk membantu masyarakat mempercepat proses perkaranya. Tidak harus datang ke pengadilan, tapi kita lakukan sidang di tempat," ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Hari Admoko, di Pos Polisi Tomang, Jakarta Barat, Jumat (1/11/2019).

Hari menyampaikan, hingga pukul 10.00 WIB, jumlah pelanggar yang mengikuti sidang di tempat berjumlah 48 orang, terdiri dari pengemudi sepeda motor 27 orang dan pengendara mobil 21 orang.

"Rata-rata tidak punya SIM, STNK ada yang mati tidak bayar pajak. Sampai sekarang 48 pelanggar yang sudah kita tilang. Ini (di Tomang) khusus wilayah Jakarta Barat. Kita sampaikan kepada pelanggar bisa sidang hari ini atau tidak. Jadi tidak kita paksakan dia melakukan pelanggaran hari ini, kita tilang harus sidang hari ini, tidak. Kita tawarkan bisa sidang hari ini, kita laksanakan," tuturnya.

Menyoal bagaimana dengan pelanggar pajak kendaraan, Hari menyampaikan, sesuai dengan ketentuan akan dikenakan sanksi sesuai peraturan Pasal 288 ayat 1 dengan hukuman pidana 2 bulan atau denda Rp 500.000. Namun, kalau administrasi lengkap dan pemilik kendaraan bersedia akan diarahkan ke kendaraan Samsat Keliling untuk melunasi pajak.

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, hari ini ada dua kegiatan sidang di tempat. Pertama di Pos Polisi Tomang, Jakarta Barat dan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

"Selama Operasi Zebra Jaya 2019, ini pertama kali. Tapi minggu depan juga ada beberapa Samsat wilayah dan jajaran Polres di wilayah DKI yang melaksanakan Operasi Zebra Jaya akan melakukan sidang di tempat," katanya.

Ihwal apakah sidang di tempat bakal digelar setelah Operasi Zebra Jaya, Fahri menuturkan, pihaknya akan melakukan evaluasi.

"Kita akan lihat kegiatan hari ini, nanti ini jadi bahan evaluasi, setelah di luar Operasi Zebra," tandasnya.

Sementara itu, Faizal selaku pelanggar lalu lintas yang mengikuti sidang di tempat, cukup mengapresiasi kegiatan ini. Sebab, pelanggar tidak harus menunggu selama dua minggu dan menghadiri sidang ke pengadilan.

"Tadi nggak bawa SIM, denda Rp 200.000. Ya nggak harus nunggu, ini langsung (sidang)," katanya.

Retno pengemudi sepeda motor yang tidak memiliki SIM, juga menjalani sidang di tempat, di Pos Polisi Tomang. "Bagus sih. Mempermudah. Saya nggak ada SIM. Iya menyesal, nanti diurus," ungkap perempuan yang bekerja di kawasan Slipi, Jakarta Barat itu.



Sumber: BeritaSatu.com