Kota Bekasi Miliki Perahu Pembersih Sungai

Kota Bekasi Miliki Perahu Pembersih Sungai
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto (ketiga kiri) saat diberi keterangan soal kapal pembersih sungai. ( Foto: Beritasatu Photo / Mikael Niman )
Mikael Niman / JAS Rabu, 13 November 2019 | 10:17 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mendapat bantuan berupa perahu pembersih sungai yang dinamakan Seahamsters. Kapal ini merupakan pemberian Waste4Change, One earth One ocean, REset Plastic, Recycle.

"Kami, Waste4Change bersama One earth One ocean, Reset Plastic, Recycle, memberikan kapal pembersih sungai kepada Pemkot asiBekasi. Ini merupakan kerja sama yang baik dan diharapkan dengan adanya kapal ini dapat meminimalisir dampak dari pencemaran limbah sampah plastik di sungai. Kota Bekasi menjadi pilot project," ujar Senior Project Executive, M Fariz, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/11/2019).

Salah satu isu yang tengah menjadi perhatian pemerintah saat ini adalah terkait limbah sampah di sungai. Isu ini juga menjadi salah satu permasalahan yang terjadi di sungai yang ada di Kota Bekasi, terkait pencemaran limbah sampah.

Sementara Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan aktivitas bersih-bersih sungai nantinya akan fokus pada daerah aliran sungai Kali Bekasi. Namun Tri berharap dan diupayakan saat ini adalah bagaimana mencegah langsung pada sumbernya agar sampah tidak dibuang ke aliran sungai, dengan menciptakan kesadaran akan lingkungan.

"Perahu akan dioperasikan di daerah aliran Sungai Bekasi. Kita sadari produksi sampah di Kota Bekasi tiap harinya mencapai 1.800 ton, dengan adanya kapal ini nantinya akan difokuskan pada pembersihan Kali Bekasi. Selama ini pembersihan sampah di Kali Bekasi hanya dilakukan secara manual," ujar Tri.

Ia juga mengatakan masyarakat harus miliki kesadaran yang tinggi untuk menjaga kebersihan sungai. Saat ini di musim penghujan adanya kiriman sampah dari daerah hulu sangat banyak, dengan adanya kapal ini penanganan sampah di kali lebih optimal.

Kota Bekasi mendapatkan tiga buah perahu, dan nantinya kapal tersebut akan disiagakan di Bendungan Prisdo Kota Bekasi. 



Sumber: Suara Pembaruan