DKI Lelang 12 Jabatan Tinggi Madya dan Pratama

DKI Lelang 12 Jabatan Tinggi Madya dan Pratama
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah. ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
/ BW Jumat, 15 November 2019 | 18:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melelang 12 jabatan tinggi madya dan pratama atau eselon IB serta eselon II berbarengan dengan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 ini.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota Jakarta, Jumat (15/11/2019), mengatakan 12 jabatan yang dilelang adalah dua deputi, yakni deputi bidang tata ruang dan lingkungan hidup serta deputi bidang industri, perdagangan, dan transportasi (eselon IB).

"Ada 10 eselon II yang kami sedang buka pendaftarannya untuk dilakukan seleksi, termasuk kepala Bappeda," kata Saefullah.

Menurut Saefullah, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mensyaratkan jabatan-jabatan tersebut harus diisi melalui mekanisme lelang terbuka.

"Jadi kami tidak bisa menunjuk, kecuali rotasi itu boleh. Eselon II ke eselon II itu boleh pindah, tetapi kalau promosi dari eselon III ke eselon II, eselon II ke eselon I itu harus melalui lelang terbuka," ujarnya.

Saefullah mengatakan, dari 12 jabatan yang dilelang tersebut, empat di antaranya (dua eselon II dan dua eselon IB) dibuka secara nasional.

"Ada beberapa yang dibuka untuk nasional. Karena kami pada setiap minggunya dapat surat dari kementerian, pemprov, pemkot, kalau ada karyawan DKI yang mau ikut seleksi," katanya.

"Itu kami infokan. Jadi memang sekarang ini sistemnya sudah begitu. Kalau ada kekosongan, open bidding untuk eselon II dan eselon I," katanya.

Adapun untuk jabatan pratama (eselon II) adalah kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), dan kepala Dinas Kebudayaan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kepala Dinas Pendidikan, wakil kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), wakil kepala Bappeda, wakil kepala Dinas Lingkungan Hidup, wakil kepala Dinas Perhubungan, dan kepala Biro Umum.

Untuk dua jabatan eselon II atau jabatan tinggi pratama yang dibuka bagi pendaftar nasional adalah kepala Bappeda DKI Jakarta dan kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP).

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta menyebutkan, pembukaan lelang jabatan ini dimulai sejak 12 November lalu setelah ada rekomendasi dari KASN turun.

Pembukaan lelang jabatan ini akan dibuka hingga 26 November dan seleksi administrasi berlangsung 13-27 November 2019.

Terkait informasi dengan pembukaan seleksi lelang jabatan ini bisa dilihat pada website resmi https://seleksiterbuka.jakarta.go.id.



Sumber: ANTARA