DPRD Targetkan Penandatanganan Rancangan KUA-PPAS 29 November

DPRD Targetkan Penandatanganan Rancangan KUA-PPAS 29 November
Rapat Bamus DPRD DKI bersama TAPD DKI membahas jadwal pembahasan anggaran di DPRD DKI, Jakarta, Senin 25 November 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / FER Senin, 25 November 2019 | 15:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI bersama Tim Anggaran Pemerintah Daearah (TAPD) DKI Jakarta telah menyepakati jadwal pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD DKI 2020.

Besok, DPRD DKI Rencanakan Pembahasan Anggaran di Banggar

Dalam jadwal tersebut, ditargetkan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding-MoU) KUA-PPAS APBD DKI 2020 pada 29 November. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembahasan Rancangan APBD DKI 2020.

Rapat Bamus DPRD DKI dipimpin langsung oleh Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi, dengan didampingi empat Wakil Ketua DPRD DKI, Mohamad Taufik, Zita Anjani, Abdurrahman Suhaimi, dan Misan Samsuri.

Dalam rapat tersebut, Prasetio menanyakan tanggapan dan persetujuan dari keempat wakil Ketua DPRD terhadap draft jadwal pembahasan Rancangan KUA-PPAS APBD DKI 2020. Keempat wakilnya, menyatakan sepakat dan setuju terhadap jadwal yang telah tersusun.

Rapat Bamus DPRD DKI bersama TAPD DKI membahas jadwal pembahasan anggaran di DPRD DKI, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Pembahasan Anggaran Molor, DKI Terancam Terkena Sanksi

Dikarenakan pembahasan anggaran sudah sangat mendesak, mengingat tenggat waktu pengesahan APBD dari Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) ditetapkan pada 30 November 2019.

"Kami sepakat bila jadwal yang telah disusun ini disepakati bersama. Karena sudah sangat mendesak untuk segera dibahas dan disahkan anggaran tahun 2020," kata Mohamad Taufik dalam ruang rapat Bamus, DPRD DKI, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Hal senada juga disampaikan Abdurrahman Suhaimi. Ia menyatakan dengan tegas menyetujui jadwal tersebut. Sehingga pembahasan dan pengesahan Rancangan KUA-PPAS APBD DKI 2020 dapat segera dilaksanakan. "Saya setuju dan sepakat," ujar Abdurrahman Suhaimi.

Namun, rasa optimistis keempat wakil ketua DPRD DKI ini tidak disambut baik dengan anggota Bamus DPRD DKI. Mereka meragukan jadwal pembahasan anggaran dalam Rancangan KUA-PPAS APBD DKI 2020 sangat padat sekali. Sementara masih ada kegiatan-kegiatan lain yang harus dilakukan oleh anggota dewan.

Meski demikian, Prasetio Edi Marsudi sendiri optimistis pembahasan anggaran Rancangan KUA-PPAS dapat diselesaikan tepat waktu.

"Semua jadwal ini bisa tercapai. Karena pada pembahasan anggaran di komisi-komisi, saya hadir, saya lihat, saya berdiskusi juga. Saya melihat pembahasan anggaran di komisi sudah mendetail sekali. Sehingga memudahkan pembahasan anggaran di Banggar besar nanti,” kata Prasetio Edi Marsudi.

Kemudian, eksekutif dan legislatif menyepakati jadwal pembahasan Rancangan KUA-PPAS APBD DKI 2020. "Apakah jadwal ini dapat disetujui?" tanya Prasetio Edi Marsudi, yang langsung dijawab setuju oleh peserta rapat.

Jadwal pembahasan Rancangan KUA-PPAS APBD DKI 2020:

25 November 2019 Rapat Badan Musyawarah bersama pihak eksekutif

25-26 November 2019 Rapat Banggar DPRD DKI dengan TAPD

27 November 2019 Rapat Gabungan Pimpinan Dewan bersama pimpinan dan anggota Banggar

27 November 2019 Rapat Gabungan Pimpinan Dewan, Banggar dan TAPD

29 November 2019 Rapat Paripurna Penandatanganan MoU KUA-PPAS APBD DKI 2020



Sumber: BeritaSatu.com