LRT Jakarta Fase II A Akan Gunakan 4 Kereta Dalam Satu Rangkaian

LRT Jakarta Fase II A Akan Gunakan 4 Kereta Dalam Satu Rangkaian
Suasana operasional Light Rail Transit (LRT) Jakarta. ( Foto: Suara Pembaruan / Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / JAS Selasa, 3 Desember 2019 | 16:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Light Rail Transit (LRT) Jakarta Fase IIA rute Depo Pegangsaan Dua - Jakarta International Stadium (JIS) yang dimulai pembangunannya pada awal Tahun 2020 mendatang rencananya akan menggunakan 4 kereta dalam satu set rangkaian.

"Spesifikasi LRT Fase II A akan agak sedikit berbeda dibandingkan LRT Fase I. Akan lebih panjang rangakaiannya menjadi 4 kereta per rangkaian (Fase I hanya 2 kereta)," ujar Direktur Proyek LRT Jakarta Jakpro (Jakarta Propertindo), Iwan Takwin, Selasa (3/12/2019) ketika dikonfirmasi.

Rencananya fase II A memiliki panjang 8 kilometer melanjutkan jalur tiang LRT Jakarta fase pertama dari Jalan Raya Kelapa Nias menuju Jalan Boulevard Artha Gading, kemudian menuju Jalan Danau Sunter Utara dan akan menuju sisi Timur dari Jakarta International Stadium (JIS).

"Dari Kelapa Gading nantinya fase IIA LRT Jakarta akan masuk ke sisi Timur JIS. Saat proses izin Amdal dampak kemacetan lalu lintas harus dianalisis lebih lanjut," tambah Iwan.

Ia menyebutkan pihaknya belum memutuskan merek dan tipe rangkaian kereta yang akan digunakan di Fase II A apakah identik dengan Fase I.

"Kalo merek belum kita putuskan karena harus melalui proses pemilihan lagi, tapi masih menggunakan lebar rel yang sama, standard gauge 1,435 m, articulated bogie, panjang rangkaian 60 m, dan memiliki kapasitas 1.100 orang," ungkapnya.



Sumber: Suara Pembaruan