Puncak Kerap Macet, Polisi Sarankan Dua Jalur Alternatif

Puncak Kerap Macet, Polisi Sarankan Dua Jalur Alternatif
Kendaraan memadati simpang Gadog menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ( Foto: Antara )
Vento Saudale / FMB Sabtu, 28 Desember 2019 | 17:40 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Musim libur panjang pergantian tahun, setiap harinya lalu lintas di Jalur Puncak kerap macet. Untuk itu, Polres Bogor menyarankan agar pengendara dengan tujuan Cianjur, Bandung, dan Cimahi bisa menggunakan dua jalur alternatif lain yakni Jonggol dan Sukabumi.

Hal itu dikatakan Kasatlantas Polres Bogor Ajun Komisaris Fadli Amri, mengingat kepadatan jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor selama musim liburan panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Saya menyarankan agar tidak melalui jalur Puncak. Sebaiknya melalui jalur exit (keluar) di Cibubur, kemudian tembus di Jonggol, kemudian tembus di Cianjur," ujarnya, Sabtu (28/12/2019).

Untuk waktu tempuh Jakarta hingga Cianjur via Jonggol dapat dilalui dengan waktu sekitar 2 jam 45 menit.

Alternatif kedua, yaitu melalui Tol Bocimi, keluar di Cigombong, melintasi Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, kemudian tembus di Cianjur, sehingga tidak ikut menumpuk dengan kendaraan yang bertujuan ke tempat wisata di kawasan Puncak Bogor.

Untuk waktu tempuh, via Sukabumi diperkirakan memakan waktu 3 jam 41 menit.

"Jadi tidak akan terjadi penumpukan rute-rute panjang bergabung dengan rute yang memang menuju tempat wisata," kata Fadli.

Pada masa liburan tersebut, Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah (one way) dengan jadwal satu arah dari Bogor menuju Cianjur pada pukul 07.30 hingga dan satu arah turun atau Cianjur menuju Bogor/Jakarta mulai pukul 13.00 hingga pukul 20.00.

“Jadwal tersebut masih bersifat tentatif. Kami memberlakukan sistem one way melihat kondisi di lapangan,” kata Fadli.

Sementara, untuk malam pergantian tahun, Polres Bogor memberlakukan rekayasa car free night yakni pembatasan kendaraan mulai pukul 18.00, Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/01/2020) pukul 06.00 WIB.



Sumber: BeritaSatu.com