37.000 Kendaraan Diperkirakan Mengarah ke Puncak Hari Ini

37.000 Kendaraan Diperkirakan Mengarah ke Puncak Hari Ini
Sejumlah kendaraan memadati jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2020 wisatawan mulai memadati jalur Puncak Bogor. Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup serta contraflow di Tol Jagorawi untuk mengurai kemacetan. ( Foto: ANTARA FOTO / Yulius Satria Wijaya )
Vento Saudale / WBP Senin, 30 Desember 2019 | 10:22 WIB

Beritasatu.com. Bogor - Polres Bogor memprediksi puncak arus kendaraan ke wilayah Puncak dari wilayah Jakarta/Bogor akan terjadi pada Senin (30/12). Diperkirakan lebih dari 37.000 kendaraan
mengarah ke kawasan wisata alam tersebut.

“Jumlah mobil yang naik ke kawasan Puncak tidak jauh dari 37.000 unit, jumlah itu belum ditambah kendaraan yang sudah menetap sejak kemarin. Prediksi kami puncak arus mobil yang naik ke Puncak terjadi Senin sore," kata Kasat Lantas Polres Bogor Ajun Komisaris Fadli Amri, Senin (30/12/2019).

Jumlah itu, lanjut Fadli meningkat sekitar 30 persen dari jumlah akir pekan hari biasanya yang mencapai 29.000-hingga 30.000 kendaraan.

Sedangkan, untuk puncak arus kendaraan roda dua yang naik ke Kawasam Puncak diprediksi terjadi pada Selasa (31/12) sore atau malam. "Seperti tahun sebelumnya, pada malam Tahun Baru yang banyak naik ke kawasan Puncak kendaraan roda dua atau motor. Agar tidak mengalami stagnasi kami mengimbau agar pengendara bersikap tertib dalam berlalu lintas agar terhindar dari kecelakaan," terang Fadli Amri.

Fadli menjelaskan untuk malam Tahun Baru, khusus motor masih bebas berlalu lalang baik naik ke Puncak maupun turun ke arah Bogor karena Sat Lantas Polres Bogor menerapkan program Car Free Night.

Untuk itu, Polres Bogor menyarankan agar pengendara dengan tujuan Cianjur, Bandung, dan Cimahi bisa menggunakan jalur alternatif lain yakni Jonggol dan Sukabumi. "Saya menyarankan agar tidak melalui jalur Puncak. Sebaiknya melalui jalur exit (keluar) di Cibubur, kemudian tembus di Jonggol, kemudian tembus di Cianjur," ujar Fadli Amri.

Untuk waktu tempuh Jakarta hingga Cianjur via Jonggol sekitar 2 jam 45 menit. Alternatif kedua, yaitu melalui Tol Bocimi, keluar di Cigombong, melintasi Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, kemudian tembus di Cianjur, sehingga tidak ikut menumpuk dengan kendaraan yang bertujuan ke tempat wisata di kawasan Puncak Bogor. Untuk waktu tempuh, via Sukabumi diperkirakan memakan waktu 3 jam 41 menit.



Sumber: BeritaSatu.com