Sejumlah Titik Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta Tergenang Air

Sejumlah Titik Tol Jakarta-Cikampek Arah Jakarta Tergenang Air
Banjir di ruas tol Jakarta-Cikampek. (Foto: SP/Mikael Niman)
Thresa Sandra Desfika / Mikael Niman / CAH Rabu, 1 Januari 2020 | 08:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Akibat curah hujan tinggi yang turun secara menerus sejak Rabu (1/1/2019) dini hari tadi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Titik-titik tersebut saat ini terdapat genangan setinggi 5-10 cm di sebagian lajur, yaitu lajur 1 dan lajur 2 dengan rincian, yakni Km 27 - Km 26, Km 24, Km 21, Km 19, dan Km 17.

"Untuk di beberapa titik tersebut, pengguna jalan masih dapat mengakses jalan tol dengan mengambil lajur 3 dan lajur 4 dengan berhati-hati," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Rabu (1/1/2020).

Sementara itu, lanjut dia, hingga pukul 07.50 WIB, pengguna jalan dari arah Bekasi menuju Cawang dialihkan ke Jalan Tol JORR untuk menghindari wilayah Jatibening Km 9 yang tingginya air mencapai 10-15 cm dan hanya bisa dilintasi di lajur 4 untuk kendaraan kecil.

Selain itu, kata Dwimawan, terdapat gebang tol (GT) yang saat ini ditutup sementara karena genangan air, antara lain GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, tutup mulai jam 07.30 WIB; GT Cibitung 1 & 2, tutup mulai jam 06.00 WIB; GT Tambun, tutup mulai jam 06.00 WIB; serta GT Cikarang Timur arah Jakarta, tutup mulai jam 07.40 WIB.

"Jasa Marga juga meminta pengguna jalan untuk mengantisipasi luapan danau Grand Wisata yang saat ini telah masuk ke lajur akses masuk Tambun," ungkap Dwimawan.

Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan, lanjut dia, saat ini petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air. Ini dilakukan agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air.

Selain itu, terang Dwimawan, untuk memastikan genangan air surut dengan cepat dan kondisi kembali seperti semula, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek juga menurunkan 2 unit pompa diesel moveable, 1 unit pompa submersible dan 4 unit pompa portable.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini," pungkas Dwimawan.



Sumber: Beritasatu.com, Suara Pembaruan