Antisipasi Kemacetan, Polres Cianjur Tutup Jalur Menuju Puncak

Antisipasi Kemacetan, Polres Cianjur Tutup Jalur Menuju Puncak
Kendaraan memadati simpang Gadog menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ( Foto: Antara )
/ FER Rabu, 1 Januari 2020 | 17:04 WIB

Cianjur, Beritasatu.com - Polres Cianjur menutup jalan menuju kawasan Puncak mulai dari perempatan Tugu Lampu Gentur-By Pass Cianjur, Rabu (1/1/2019) sore guna mengantisipasi macet total di jalur utama Puncak.

Bogor Hujan Deras, Katulampa Siaga II Banjir Jakarta

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama, mengatakan, penutupan dilakukan akibat tingginya volume kendaraan menuju Bogor dari kawasan Cipanas, terlebih menjelang tutupnya sejumlah tempat wisata berbaur dengan pendatang yang hendak kembali ke daerahnya masing-masing.

"Padatnya arus menuju Bogor dari arah Cipanas-Puncak, sehingga perlu dilakukan antisipasi dengan penutupan arus dari Cianjur menuju Puncak. Sifatnya situasional selama satu jam," kata Ricky di Cianjur, Rabu (1/1/2019).

Ricky menjelaskan, jalur akan kembali dibuka jika volume kendaraan mulai berkurang dan tidak terjadi antrian panjang. Penutupan dapat diperpanjang jika antrian panjang terjadi menjelang malam dengan ekor antrian mencapai wilayah Cipanas.

"Saat ini antrian kendaraan di wilayah Puncak menuju Bogor mulai terjadi, sehingga penyekatan akan dilakukan di sejumlah titik di sepanjang jalur Puncak-Cianjur, agar tidak berimbas, sebagai upaya antisipasi," kata Ricky.

Bima Arya: Curah Hujan di Puncak Masih Tinggi

Pantauan hingga sore menjelang, arus kendaraan di kawasan Cipanas hingga Puncak, masih terlihat normal. Pengendara dapat melarikan kendaraan dengan laju diatas rata-rata, meskipun laju kendaraan tersendat di titik rawan seperti Jalan Raya Cipanas, Pertigaan Kebun Raya Cibodas dan Hanjawar.

Sementara volume kendaraan pendatang yang menghabiskan libur panjang akhir tahun di kawasan Puncak-Cipanas, terlihat masih tinggi. Bahkan tingkat hunian hotel masih terisi penuh hingga tanggal 2 Januari 2020.



Sumber: ANTARA