Kali Ciliwung Meluap, Banjir Rendam Pasar Baru

Kali Ciliwung Meluap, Banjir Rendam Pasar Baru
Curah hujan yang tinggi sehari sebelumnya menyebabkan Kali Ciliwung meluap dan menyebabkan Jalan Pasar Baru Selatan digenangi air setinggi betis orang dewasa, sepanjang lebih dari 100 meter. ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Kamis, 2 Januari 2020 | 19:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Curah hujan yang tinggi sehari sebelumnya menyebabkan Kali Ciliwung meluap, dan menyebabkan Jalan Pasar Baru Selatan digenangi air setinggi betis orang dewasa sepanjang lebih dari 100 meter.

Luapan air Kali Ciliwung juga memasuki beberapa pertokoan di Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (2/1/2020) siang.

Banjir yang menggenangi sejumlah lantai pertokoan memaksa pemilik toko di Pasar Baru menutup tokonya sambil terus memantau ketinggian air.

"Untuk sementara tutup dulu, nanti kalau air surut baru kita buka. Soalnya air juga masuk ke dalam (toko)," kata seorang pemilik toko, Bule, di depan tokonya, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (2/1/2020).

Menurutnya, baru kali ini tokonya terendam banjir, namun Bule belum bisa memperkirakan jumlah kerugian yang dialaminya.

"Pasti ada kerugian tapi saya belum bisa memperkirakan berapa jumlahnya," ujar Bule.

Selain itu, luapan air juga menutupi ruas Jalan Sutomo hingga menggangu lalu lintas kendaraan bermotor hingga terjadi kemacetan di Jalan Kantor Pos menuju Jalan Budi Utomo, Lapangan Banteng.

Kendaraan yang datang dari arah Jalan Juanda menuju Senen terhalang, sehingga memutar di Jalan Budi Otomo dan menyebabkan kemacetan.

Menurut warga sekitar air Sungai Ciliwung mulai meluap dan menggenangi jalan serta pemukiman dari pukul 05.00 WIB dini hari. Air mulai surut pukul 16.00 WIB namun sebagian pemilik toko belum berani membuka toko mereka.



Sumber: BeritaSatu TV