PSI Bantu Korban Banjir di Kabupaten Bogor

PSI Bantu Korban Banjir di Kabupaten Bogor
Pengurus dan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 8 Januari 2020. ( Foto: Istimewa )
Yustinus Paat / AO Kamis, 9 Januari 2020 | 22:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Puluhan pengurus dan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bantuan yang diberikan berupa air mineral, makanan instan, peralatan sekolah, dan obat-obatan. Sebagian besar merupakan sumbangan para donatur ke PSI.

“Kami coba mengarahkan ke para korban yang kurang mendapat bantuan. Karena, kami dengar, bantuan terlalu banyak diarahkan ke daerah Sukajaya, yang memang sangat parah sampai terisiolasi,” kata Bendahara Umum DPP PSI, Suci Mayang Sari di lokasi banjir, Rabu (8/1/2020).

Kawasan Jasinga ikut terendam banjir akibat dari meluapnya Sungai Cidurian. Di beberapa lokasi, dampaknya sangat parah. Di Kampung Parung Sapi, Desa Kalong Sawah, misalnya, sekitar 20 rumah terbawa banjir. Salah seorang warga juga hilang tersapu arus.

“Sampai sekarang belum ditemukan,” ujar pengasuh PAUD Ar-Royan, Herman. Tidak hanya menyapu rumah warga, luapan Sungai Cidurian juga mengakibatkan dua jembatan putus.

Kini sekitar 120 warga masih mengungsi di PAUD Ar-Royan tersebut dengan kondisi seadanya. Mereka tidur hanya beralaskan tikar atau kasur tipis. Di Kampung Parung Sapi, PSI menyerahkan bantuan dan langsung diterima warga.

“Terima kasih banyak atas bantuannya. Kami memang sangat memerlukan. Barang-barang kami hilang terbawa banjir,” kata Ita, salah seorang warga.

Bantuan PSI juga diserahkan ke pihak Pesantren Manba’ul Ulum, yang juga berdiri dekat Sungai Cidurian. Sejumlah bangunan pesantren rusak tergerus arus sungai. “Untungnya, para santri sedang libur,” kata Haji Ade, pengasuh pondok pesantren.

Turut hadir pula dalam acara pemberian bantuan ini Wakil Sekjen DPP PSI Satia Chandra Wiguna dan puluhan kader dari DPD PSI Kabupaten Bogor.

“Terima kasih untuk para donatur yang mempercayakan sumbangan mereka ke PSI. Kami sudah dan terus menyalurkan kepada saudara-saudara kita yang terdampak banjir. Kami akan terus bergerak, membantu apa yang kami bisa. Ini bentuk solidaritas PSI,” kata Suci Mayang.

Setelah menyerahkan bantuan ke sejumlah lokasi bencana, PSI membentuk posko solidaritas bencana di Jasinga di rumah salah satu pengurus. Bantuan selanjutnya akan disalurkan oleh pengurus PSI setempat.



Sumber: Suara Pembaruan