1.520 Hektare Sawah di Kabupaten Bogor Terdampak Bencana

1.520 Hektare Sawah di Kabupaten Bogor Terdampak Bencana
Ilustrasi sawah terendam banjir. ( Foto: Antara )
Vento Saudale / FER Rabu, 15 Januari 2020 | 17:24 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Bencana longsor dan banjir di Kabupaten Bogor tidak hanya merusak bangunan rumah warga dan melumpuhkan akses jalan melainkan juga area persawahan.

Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor mencatat ada sekitar 1.520 hektare sawah yang ikut terdampak bencana di awal tahun 2020 itu.

"Kerusakan ribuan hektare sawah itu terjadi di tiga kecamatan yakni Kecamatan Cigudeg, Nanggung dan Sukajaya," ujar Kepala Distanhorbun Kabupaten Bogor, Siti Nurianti, kepada wartawan, Rabu (15/1/2020).

Menurut Nurianti, kerusakan paling parah terjadi di Kecamatan Cigudeg. Sebab ada 265 hektare yang terdampak bencana. Namun dari total kerusakan 1.520 hektare sawah, sebagian besar masih bisa diselamatkan. "Hanya sekitar 50 hektare yang hilang," katanya.

Nurianti menerangkan, areal sawah yang tak bisa diselamatkan lantaran tertutup batuan gunung yang terbawa oleh banjir bandang. Disinggung masalah kerugian, diprediksi bisa mencapai Rp6 miliar. Sebab sebagian besar tanaman baru mencapai 10 hari.

"Kompensasi sementara kita sebarkan sembako dulu dari Petrokimia karena kerugiannya beda-beda, ada yang tertutup lumpur dan tertutup batu. Kalau bibit pasti ada dari pemerintah pusat yang mengganti," pungkas Nurianti.



Sumber: BeritaSatu.com