Pelaku Begal di Mambo, Koja Dihadiahi Timah Panas

Pelaku Begal di Mambo, Koja  Dihadiahi Timah Panas
Kepala Tim Tiger Alpha, Ipda Muhammad Rizky Novrianto berhasil membekuk pelaku pembegalan di Mambo, Koja, Jakarta Utara, Rabu, 15 Januari 2020. ( Foto: SP/Carlos Roy Fajarta Barus )
Carlos Roy Fajarta / RSAT Kamis, 16 Januari 2020 | 10:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Firman Ariyanto (28), salah satu pelaku begal yang biasa melakukan aksi di Jalan Mambo, Kecamatan Koja, Jakarta Utara dibekuk aparat kepolisian,  Rabu (15/1/2020) sekitar pukul 03.30 WIB. Pelaku yang merupakan warga Jalan Raya Lorong II Koja  terpaksa dihadiah timah panas yang mengenai paha kirinya karena melawan petugas ketika ditangkap.

"Pelaku merupakan bagian dari jaringan residivis yang biasa melakukan aksi pembegalan di sekitar Mambo.  Dalam aksinya dini hari tadi dia melakukan pembegalan terhadap dua orang yang hendak menuju Pelabuhan Tanjung Priok," ujar Katim Tiger Alpha, Ipda Muhammad Rizky Novrianto, Rabu (15/1/2020) sore.

Dari dua korban yakni Mujo Santoso (26) dan Ahmad Rozikin (30) warga Banyu Putih, Jawa Tengah, Firman mengambil uang tunai Rp 400 ribu dan dua buah handphone merek Xiaomi dan Vivo.

"Saat dilakukan penangkapan pelaku Firman Ariyanto berusaha melawan petugas dengan senjata tajam sehingga diberikan tindakan tegas terukur. Sedangkan L dan HH dua pelaku lainnya melarikan diri dan masih dalam pengejaran," tambah Rizky.

Pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 5 tahun.

"Masyarakat agar lebih waspada di daerah Mambo karena sering rawan begal jika melintas pada malam atau dini hari. Namun masyarakat dapat segera menghubungi tim Tiger apabila mengetahui ada tindakan kriminalitas agar bisa segera kami tindak lanjuti," tandasnya.



Sumber: Suara Pembaruan