Sekolah Rusak, Murid SDN 04 Tarumajaya Belajar Secara Bergantian

Sekolah Rusak, Murid SDN 04 Tarumajaya Belajar Secara Bergantian
Kondisi ruang kelas SDN Samudrajaya, Kabupaten Bekasi, sangat memprihatinkan. ( Foto: Beritasatu Photo / Mikael Niman )
Mikael Niman / JAS Senin, 20 Januari 2020 | 18:50 WIB

Bekasi, Beritasatu.com – Menyiasati ruang kelas yang rusak, para guru SDN Samudrajaya 04, Kampung Tambun Tiga, Desa Samudrajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, mengaku bergantian menggunakan ruang kelas yang layak. Saat murid Kelas I, II dan III pulang sekolah, barulah murid-murid Kelas IV, V dan V menggunakan ruang kelas.

“Selama belum ada perbaikan, kami siasati dengan cara bergantian menggunakan ruang kelas yang layak,” ujar Aminah, salah satu guru SDN Samudrajaya 04, Senin (20/1/2020).

Dia menjelaskan, terdapat enam ruang kelas dan tiga ruang di antaranya tidak layak digunakan. Sekitar 230 murid di sekolah tersebut di antaranya Kelas I terdapat dua rombongan belajar (rombel), begitu juga dengan Kelas IV. Sedangkan, lainnya hanya satu rombel.

Kondisi salah satu kelas SDN Samudrajaya 04, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. (Foto/Mikael Niman)

“Kami berharap, agar Pemerintah Kabupaten Bekasi membangun sekolah yang rusak di tahun ini. Jangan dianggarkan di tahun 2021, takut keburu roboh,” ungkapnya.

Pihak sekolah telah bertemu dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, terkait usulan pembangunan gedung. Namun, pembangunan gedung akan dianggarkan di tahun depan.

Sementara itu, Zamzam (17), alumni sekolah tersebut mengaku sejak lulus 2015 lalu, gedung sekolah sudah terlihat rusak di beberapa bagian atapnya. “Sejak saya lulus, belum ada perbaikan ruang kelas,” imbuhnya.

Ditambah lagi, banjir saat awal tahun baru lalu semakin memperparah kerusakan ruang kelas. Keramik lantai banyak yang terlepas dan ranga atap semakin rapuh.

 



Sumber: Suara Pembaruan