Genangan Surut, Jalan Medan Merdeka Barat Kembali Lancar

Genangan Surut, Jalan Medan Merdeka Barat Kembali Lancar
Ilustrasi hujan. ( Foto: Antara / Nova Wahyudi )
/ WBP Minggu, 2 Februari 2020 | 13:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Genangan akibat hujan yang merendam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (2/2/2020) sudah surut dan jalanan telah lancar dilalui kendaraan.

Pantauan Antara pukul 10.58 WIB, arus lalu lintas kendaraan dari Jalan Medan Merdeka Utara maupun arah Harmoni menuju Jalan Medan Merdeka Barat ramai lancar.

Menurut petugas PJLP Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Afrinaldi genangan sudah surut sekitar pukul 08.30 WIB. "Cepat sih surutnya, ada 30 menitan sudah surut," kata Afrinaldi.

Afrinaldi bertugas dari pukul 07.30 WIB. Dia melintas dari arah Gambir menuju Jalan Medan Mereka Utara ke arah Pos Polisi depan Halte Monas.

Saat melintas dia melihat genangan di Jalan Medan Merdeka Barat. Lebarnya mulai dari depan gerbang Monas Medan Merdeka Barat hingga depan putaran Kantor Kementerian Perhubungan. "Saya sih enggak liat ada genangan depan Istana, saya lewat Jalan Medan Merdeka Utara, justru yang tergenang itu di Medan Merdeka Barat," katanya.

Ia mengatakan, air setinggi 30 cm menggenangi sisi kiri jalan atau ke arah pagar Monas. Sedangkan sisi kanan dekat jalur busway genangan air relatif rendah. "Jadi banyak pengendara ambil sisi kanan waktu air tergenang, ada tiga petugas TransJakarta yang mengarahkan agar pengendara melintas ke sisi kanan," kata Afrinaldi.

Video amatir petugas PJPL Dinas Kehutanan DKI Jakarta memperlihatkan air sempat menggenangi ruas Jalan Medan Merdeka Barat dekat Pos Pol depan Istana. Namun menurut salah satu petugas Pos Polisi depan Istana menyebutkan air tidak sampai ke Jalan Medan Merdeka Utara. "Enggak nyampe, saya ada videonya, air cuma sampai Monas saja, enggak sampai ke pos ini juga," kata berpangkat Iptu tersebut.

Sementara itu, Pasukan Biru dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta berjibaku membersihkan sisa-sisa air yang masih membasahi ruas jalan seperti di depan Monas dan depan Istana Negara.

Sekitar 20 petugas SDA DKI Jakarta membuat pelebaran aliran di tali air di depan Monas Jalan Medan dekat Pos Pol depan Istana. Tali air yang tadinya lebar 60 sentimeter (cm) dilebarkan menjadi 120 cm untuk mempercepat air masuk ke saluran utama (got).



Sumber: ANTARA