Sekda DKI Akui 191 Pohon Ditebang untuk Revitalisasi Monas

Sekda DKI Akui 191 Pohon Ditebang untuk Revitalisasi Monas
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (tengah) bersama Sekertaris Daerah Pemprov DKI Saefullah (tiga kiri), mengecek lubang drainase di areal revitalisasi sisi selatan kawasan Monas, Jakarta, Selasa, 28 Januari 2020. ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
Lenny Tristia Tambun / FER Selasa, 4 Februari 2020 | 17:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah mengakui pohon yang ditebang untuk proyek Revitalisasi Monas ada sebanyak 191 pohon. Sedangkan 85 pohon yang kecil dipindah ke sisi barat dan timur Monas.

Pemprov DKI Ganti Tiga Kali Lipat Pohon yang Ditebang

"Ya jadi kemarin waktu angka yang saya konpres itu kan 55 dipindahkan ke sisi barat dan 30 ke sisi timur, ternyata saat kita rapatkan ada 191 pohon, mudah-Mudahan benar ya angkanya pohon yang ditebang itu,” kata Saefullah saat menghadiri Peresmian Pelayanan Terpadu Kanker di RSCM, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020).

Dengan begitu, pernyataan ini menganulir data yang disampaikan Saefullah beberapa waktu lalu, bahwa pohon yang terdampak proyek ini ada sebanyak 85 pohon.

Sebelumnya, Unit Pengelola Teknis (UPT) Monas menyebutkan ada 191 pohon yang terdampak proyek revitalisasi di area selatan Monas. Sebanyak 7 pohon ditebang, 57 pohon dipindah ke area barat Monas, 14 pohon dipindah ke area timur Monas, dan 113 pohon dibawa ke tempat penampungan pohon milik Dinas Kehutanan DKI.

Area Revitalisasi Monas Kembali Ditanami Pohon

Keterangan UPT Monas ini berbeda dengan pernyataan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, yaitu 55 pohon dipindah ke sisi barat Monas dan 30 pohon ke sisi timur Monas.

Namun akhirnya, UPT Monas juga mengeluarkan data yang sama dengan Pemprov DKI, bahwa ada 191 pohon yang ditebang dan 85 pohon dipindahkan.



Sumber: BeritaSatu.com