PKS Dukung Pembinaan Kesenian Ondel-ondel

PKS Dukung Pembinaan Kesenian Ondel-ondel
Perajin membuat rangka ondel-ondel pesanan pembeli di kawasan Utan Panjang, Jakarta, Minggu (16/6/2019). ( Foto: Antara Foto / Indrianto Eko Suwarso )
Yustinus Paat / FER Rabu, 12 Februari 2020 | 20:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS, Abdurrahman Suhaimi, mengatakan pihaknya setuju dengan langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan pembinaan kesenian Betawi, ondel-ondel.

Suhaimi juga mendukung Pemprov untuk mengalokasikan anggaran agar performa kesenian ondel-ondel semakin baik.

"Agar seniman-seniman Betawi khususnya ondel-ondel mendapatkan apresiasi atas rasa seni dan juga keberlangsungan hidup untuk menopang ekonomi keluarga, termasuk pelestarian budaya,” kata Suhaimi di Kantor DPRD, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2020).

Budayawan Nilai Ondel-ondel Keliling Merusak Citra Betawi

Suhaimi mengatakan, ondel-ondel yang dilarang digunakan untuk mengamen juga harus ada solusi bagi para seniman tersebut. Terlebih, banyak juga seniman ondel-ondel yang berasal dari daerah penyangga ibu kota.

"Pembinaan perlu dilakukan secara bersama-sama dan integrasi dari daerah sekitar ibukota. Sehingga Jakarta menjadi indah untuk dilihat dengan tampilan ondel-ondelnya yang tidak mengganggu keindahan dan ketertiban umum,” sambung Suhaimi.

Suhaimi mengatakan, perlu adanya komunikasi dengan pemerintah kota/kabupaten di wilayah sekitar ibu kota. Selain itu, perlu dilakukan pendataan dan kerja sama dalam pelestarian kesenian ondel-ondel ini ke depan.

"Masalah ini harus diurus bersama-sama, agar kesenian betawi tetap terjaga dan lestari,” tandas Suhaimi.



Sumber: BeritaSatu.com