DPRD Sahkan Tatib Pemilihan Wagub DKI, Ini Respons Anies

DPRD Sahkan Tatib Pemilihan Wagub DKI, Ini Respons Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan jembatan penghubung CSW di simpang CSW, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Januari 2020. ( Foto: Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun )
Hotman Siregar / WBP Rabu, 19 Februari 2020 | 17:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- DPRD DKI Jakarta akhirnya mengesahkan Tata tertib (Tatib) Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, nampak hadir menyaksikan jalannya rapat paripurna. "Alhamdulillah peraturan DPRD mengenai tatib sudah selesai, jadi kita berharap dengan begitu persidangan-persidangan di Dewan bisa berjalan cepat, efisien, efektif dan sudah punya dasar hukumnya," kata Anies Baswedan saat ditemui sesuai rapat paripurna, Rabu (19/2/2020).

DPRD Sahkan Tatib Pemilihan Wagub DKI

Menurut Anies disahkannya tatib ini menandakan bahwa komponen untuk melakukan pemilihan cawagub sudah lengkap. Tatib itu nantinya dilanjutkan kepada pembentukan Panitia Pemilihan untuk kemudian dapat dibuat mekanisme pemilihannya.

"Khusus bagian tentang pemilihan wagub yang sebelumnya belum ada, sekarang sudah ada. Jadi kita berharap panitia khusus yang ada termaktub dalam salah satu pasal di tatib ini bisa segera bekerja dan bisa menuntaskan," jelas Anies Baswedan.

Sebelumnya sejak Senin (17/2/2020) hingga Selasa (18/2/2020), sudah dilakukan rapat pimpinan gabungan (rapimgab) yang membahas seputar tatib pemilihan cawagub. Dalam rapimgab disepakati, pemilihan cawagub dibuat secara voting tertutup dan fit and proper test ditiadakan, namun diganti dengan sesi tanya jawab terhadap masing-masing kandidat dari setiap fraksi.

Dua cawagub yang diajukan adalah Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra. Setelah paripurna hari ini, proses berikutnya adalah pembentukan panitia pemilihan.

Pemilihan Wagub DKI Digelar Tertutup



Sumber: BeritaSatu.com