Palyja Bersihkan Kali Krukut

Palyja Bersihkan Kali Krukut
Beberapa orang membersihkan Kali Krukut di area Jalan Mandala II Bawah, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (19/2/2020). Aksi itu dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). (Foto: istimewa)
Bernadus Wijayaka / BW Rabu, 19 Februari 2020 | 15:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT PAM Lyonnaise Jaya, operator pengelola air bersih untuk wilayah barat DKI Jakarta membersihkan Kali Krukut di area Jalan Mandala II Bawah, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (19/2/2020). Aksi itu dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Kali Krukut merupakan salah satu sumber air baku untuk diolah menjadi air bersih. Saat ini kondisi air sungai di Jakarta sudah sampai pada taraf yang mengkhawatirkan. Tentunya, tidak memenuhi standar kualitas air baku yang diatur oleh Kementerian Kesehatan.

“Untuk itu, upaya-upaya peningkatan kualitas air sungai di Jakarta sudah sangat diperlukan, salah satunya dengan berhenti membuang sampah dan limbah ke sungai,” kata Corporate Communications & Social Responsibilities Division Head Palyja, Lydia Astriningworo.

Sebagai perusahaan yang peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup, ujar Lydia, Palyja merasa bertanggung jawab dan berkepentingan untuk melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas air sungai di Jakarta.

“Upaya tersebut harus dilakukan dengan melibatkan semua pihak. Kegiatan Bebersih Kali Krukut diikuti oleh warga Kelurahan Cilandak Barat dan Timur serta karyawan Palyja. Selain itu, kami didukung penuh oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Sekitar 50 orang menyebar mengambil sampah di Kali Krukut,” katanya.

Dalam rangkaian HPSN tahun ini, Palyja juga mengadakan pelatihan bank sampah bagi warga Kelurahan Cilandak Barat dan Cilandak Timur, dan mendukung program Sampah Tanggung Jawab Kita Bersama (Samtama) milik Pemda DKI Jakarta.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial Palyja di bidang pelestarian lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melakukan perubahan perilaku untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan tersebut bagian dari empat fokus kegiatan corporate social responsibilities (CSR) Palyja, yakni kesehatan dan pendidikan, bantuan kemanusiaan, pelestarian lingkungan hidup, dan air untuk semua,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com