OJK Dorong Bank DKI Konsisten Kembangkan Sinergi BUMD

OJK Dorong Bank DKI Konsisten Kembangkan Sinergi BUMD
Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa berfoto bersama dengan pemenang usai proses penarikan Grand Prize "Panen Rejeki Bank BPD Undian Tabungan Simpeda" Periode 2 tahun ke 30 tahun 2020 di Jakarta, Sabtu malam (22/2/2020). ( Foto: Beritasatu Photo/Istimewa )
Lenny Tristia Tambun / FER Minggu, 1 Maret 2020 | 20:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong Bank DKI untuk terus konsisten mengembangkan sinergi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sehingga kedepan bisa dijadikan Bank Pembangunan Daerah (BPD) percontohan di Indonesia.

Baca: OJK Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jatim Di Atas Nasional

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK, Achmad Soekro Tratmono, mengatakan pihaknya mendukung langkah Bank DKI yang telah mulai membangun sinergi antar BUMD. Sehingga pelaksanaan pembangunan Kota Jakarta semakin lancar dan kesejahteraan warga juga terjamin.

"Kami apresiasi dengan dimulai oleh Bank DKI yang membangun sinergi dengan baik. Kami ajak kawan-kawan BPD lainnya untuk meniru DKI agar sinergi di daerah bisa membangun daerahnya masing-masing," kata Achmad Soekro Tratmono, Minggu (1/3/2020).

Ia menegaskan, OJK sangat menginginkan BPD bisa menjadi tuan rumah bagi pembangunan daerah dan pengembangan potensi di daerahnya masing-masing. Karena BPD menjadi modal utama bagi pelaksanaan pembangunan daerahnya.

"Apalagi BPD adalah bank yang tahu kultur dan karakter perilaku daerahnya. Karena itu, OJK akan mendorong BPD untuk lebih maju dari sekarang," ujar Achmad Soekro Tratmono.

Baca: Bank DKI Perkuat Sinergi BUMD DKI

Untuk mewujudkan hal itu, sambung Achmad Soekro Tratmono, OJK membuat master plan 2020-2024 yang berisi langkah untuk penguatan BPD di Indonesia. Diantaranya, penguatan ketahanan dan daya saing dengan cara konsolidasi dan perkuatan permodalan.

Lalu, transformasi BPD ke sistem digital dan digitalisasi produk, percepatan perkembangan ekosistem jasa keuangan seiring dengan pembangunan, dan meningkatkan literasi inklusi keuangan.

Juga, langkah percepatan dan perluasan pengawasan berbasis teknologi, peningkatan skala ekonomi industri melalui skala peningkatan minimum dan akselerasi konsolidasi, serta mitigasi risiko yang ada.

Dengan adanya masterplan ini, OJK ingin BPD dapat melangkah lebih maju dan lebih bermanfaat bagi masyarakat daerah. "Karena itu, kami sambut baik sinergi yang terus dikembangkan, melalui sinergi juga kami dorong BPD untuk konsolidasi menyelesaikan permasalahan BPD. Jadilah BPD tuan rumah di daerahnya,” jelas Achmad Soekro Tratmono.

Baca: Nilai Transaksi Sinergi BUMD di Bank DKI Capai Rp 3 Triliun

Sementara itu, Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa mengatakan Bank DKI secara konsisten terus membangun sinergi BUMD di DKI Jakarta. Hingga saat ini, sinergi yang telah dilakukan Bank DKI bersama BUMD di Jakarta, antara lain adalah sinergi pada sektor transportasi dengan mengakomodir layanan non-tunai dengan JakCard di TransJakarta, MRT, Railink dan commuter line.

"Sinergi BUMD juga kami lakukan di sektor ketahanan pangan, antara Bank DKI bersama Food Station dengan memberikan Kartu Pedagang di Pasar Cipinang,” kata Zainunddin Mappa.



Sumber: BeritaSatu.com