Formula E Ditunda, Anies Utamakan Keselamatan Warga

Formula E Ditunda, Anies Utamakan Keselamatan Warga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ( Foto: Beritasatu.com/Yustinus Paat )
Yustinus Paat / CAH Rabu, 11 Maret 2020 | 12:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI telah memutuskan penundaan penyelengaraan balap mobil listrik Formul E di Monas Jakarta pada 6 Juni 2020 mendatang. Penundaan ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona atau covid-19 di Jakarta.

"Kita memutuskan untuk menunda pelaksanan Formula E di bulan Juni. Waktu pelaksanaan akan dibahas kemudian. Tetapi di bulan Juni sudah ditetapkan itu tidak dilaksanakan," ujar Anies saat konferensi pers di Balairung, Balai Kota Jakarta, Selasa (11/3/2020).

Anies mengakui bahwa gelaran Formula E bisa mendatangkan keuntungan ekonomi yang besar bagi Jakarta. Namun, kata dia, Pemprov lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga DKI Jakarta di tengah merebaknya virus corona.

Baca JugaFormula E Ditunda Akibat Corona, Ini Respons Penyelenggara

"Kita tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian. Memang Formula E ini memberikan dampak ekonomi yang besar, terapi bila punya risiko untuk warga, maka kita tunda," terang dia.

Menurut dia, risikonya terlalu besar bagi Jakarta jika tetap menyelenggarakan Formula E. Pasalnya, gelaran Formula E bakal dihadiri banyak orang termasuk wistawan internasional.

"Kegiatan Formula E ini adalah kegiatana yang dihadiri wisatawan internasional, risiko yang mungkin terjadi terlalu besar untuk Jakarta bila begitu banyak wisatawan datang dari negara-negara yang memiliki corona virus," tutur dia.

Lebih lanjut, Anies mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan penularan virus corona di Indonesia dan di seluruh dunia. Perkembangan tersebut akan menjadi pertimbangan Pemprov untuk melanjutkan gelaran Formula E.

"Kita terus memantau perkembangan di seluruh dunia, bukan saja di Jakarta dan demi menjaga keselamatan, demi memastikan kesehatan warga Jakarta, karena kita menempatkan kesehatan dan keselamatan sebagai prioritas utama," tandas dia.

Anies juga mengakui bahwa penundaan gelaran Formula E sudah disetujui oleh panitia penyelenggara Formula E PT Jakarta Propertindo dan organisasi pemegang lisensi Formula E internasional, Formula E Operation (FEO).

"Dan alhamdulilah, pihak Formula E dan FEO menyetujui itu sehingga hari ini kami di Jakarta dan mereka di Eropa, akan bersama mengumumkam bahwa Formula E di Jakarta di bulan Juni tidak dilaksanakan," pungkas Anies. 



Sumber: BeritaSatu.com