Pemprov DKI Sedang Proses Hasil Rapid Test di Jakarta Selatan

Pemprov DKI Sedang Proses Hasil Rapid Test di Jakarta Selatan
Ilustrasi tes cepat "corona". ( Foto: AFP )
Yustinus Paat / CAH Selasa, 24 Maret 2020 | 17:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan pihaknya sedang memroses hasil rapid test corona (Covid-19) yang dilakukan pihaknya dan Kementerian Kesehatan di Jakarta Selatan yang mulai pada Jumat (20/3/2020) lalu. Saat itu, kata Widyastuti, rapid test dilakukan bersamaan dengan penyelidikan epidemologi.

"Uji coba bersama (Pemprov DKI bersama Kemkes) dilakukan di Jakarta Selatan untuk dilakukan bersamaan dengan penyelidikan epidemiologi. Hasilnya sedang diproses, jumlah berapa yang positif dan negatif (virus corona)," ujar Widyastuti saat konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Baca JugaWarga Antre Tes Cepat Covid-19 di RSUD Pasar Minggu

Widyastuti mengatakan rapid test di Jakarta Selatan berbasiskan pada pengecekan antibodi melalui darah orang yang diambil sampelnya. Karena itu, kata dia, tidak otomatis orang yang dinyatakan negatif, nantinya tidak terjangkit virus corona.

"Jadi rapid test yang dipakai ini berbasis anti body, itu tetap kita pesankan, seandainya negatif, kalau menunjukan gejala orang dalam pemantauan (ODP) dengan gejala ringan, tetap kita anjurkan isolasi diri," imbuh Widyastuti.

Dia mengakui, hingga saat ini belum mengetahui berapa orang yang dilakukan rapid test di Jakarta Selatan. Pasalnya, belum ada laporan detail dari puskemas-puskemas yang mendapat alat rapid test tersebut.

Baca JugaBegini Rapid Test untuk Deteksi Covid-19

"Sedang kita proses ya, kemarin di Jakarta Selatan kita sebar ke puskesmas, mereka karena bekerja, belum sempat membuat laporan secara cepat. Nanti kalau sudah ada hasilnya, tentu kita akan sampaikan," terang dia.

Diketahui, Pemprov DKI mendapatkan 520 kit rapid test dari pemerintah pusat pada Jumat (20/3/2020). 520 rapid test tersebut langsung digunakan untuk mengecek warga di Jakarta Selatan yang mempunyai riwayat kontak dengan pasien positif Covid-19. 

 



Sumber: BeritaSatu.com