Imbas Wabah Corona, Tahapan Pilkada Tangsel Ditunda

Imbas Wabah Corona, Tahapan Pilkada Tangsel Ditunda
Ilustrasi Pilkada 2020. (Foto: SP/Muhammad Reza)
Chairul Fikri / CAH Rabu, 1 April 2020 | 19:58 WIB

Tangerang Selatan, Beritasatu.com - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan September 2020 akhirnya ditunda. Ini akibat penyebaran virus corona yang semakin masif di Indonesia khususnya Tangerang Selatan.

"Berdasarkan KPU RI dan DPR RI saat pertemuannya bersama Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Senin (30/3/2020) yang menyepakati penundaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah, maka pihak KPUD Tangerang selatan berdasar pun menyatakan menunda Pilkada di wilayah Tangerang Selatan yang sedianya akan dilaksanakan 23 September 2020 mendatang dampak penyebaran virus corona," ungkap Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro dalam keterangan pers, Rabu (1/4/2020).

Baca JugaPemkot Tangerang Selatan Perpanjang Masa Tanggap Darurat Bencana

Ditambahkannya, sedianya tahapan pemilihan Kepala Daerah tangerang Selatan sendiri adalah beberapa tahapan pemilihan seperti pelantikan panitia pemungutan suara (PPS), rekrutmen PPDP (Petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih) dan tahapan pemutakhiran data pemilih.

Baca JugaTangerang Raya Masuk Kategori Zona Merah Covid-19 di Provinsi Banten

"Sementara kami tidak tahu sampai kapan. Jadi keputusannya baru pemberhentian sementara saja. Anggaran sebesar Rp 68 miliar yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang telah disepakati untuk penyelenggaraan Pilkada Tangsel akan dikembalikan ke Pemerintah Kota Tangsel. Mungkin bisa digunakan untuk bantuan penanganan Covid-19, tetapi jelasnya kami akan tunggu keputusan resmi KPU dan Pemerintah pusat," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com