621 Jenazah Dikubur dengan Protap Corona di DKI

621 Jenazah Dikubur dengan Protap Corona di DKI
Tim khusus pengamanan pemakaman jenasah yang terjangkit virus corona atau Covid-19. ( Foto: Dokumen Humas Polda Metro Jaya )
Yustinus Paat / WBP Selasa, 7 April 2020 | 04:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua II Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemprov DKI Jakarta, Catur Laswanto mengungkapkan sebanyak 621 jenazah di DKI Jakarta dikuburkan dengan prosedur tetap (protap) Covid-19. Dari jumlah tersebut, kata Catur, hanya 126 jenazah yang merupakan pasien positif virus corona.

"Berdasarkan data yang masuk di Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, sampai hari ini (Senin) yang meninggal adalah 621 (jenazah yang dimakamkan menggunakan protap Covid-19," ujar Catur di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (6/4/2020).

Catur menjelaskan jenazah yang dikuburkan dengan protap Covid-19 tidak hanya pasien positif corona, namun orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). "(Prosedurnya) yaitu jenazah harus dibungkus dengan plastik yang tidak tembus (kedap air-udara), kemudian dimasukkan ke peti, dan tidak boleh lebih dari 4 jam, harus langsung dimakamkan," ungkap dia.

Baca juga: Anda Rasakan Gejala Covid-19? Lakukan Teknik ini Untuk Cegah Pneumonia

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Susi Marsitawati mengatakan pihaknya melakukan pemakaman jenazah dengan protap Covid-19 sesuai keterangan dari Rumah Sakit (RS). Pihaknya, kata Susi, bahkan tidak mengetahui apakah jezanah yang meninggal dalam kategori ODP, PDP atau positif corona.

"Jadi, kami tidak mengetahui jenazah itu adalah positif Covid-19 atau ODP-PDP. Yang pasti, kami menerima jenazah yang sudah melalui protap dan SOP untuk penderita Covid-19. Tugasnya hanya menjemput (jenazah dari Rumah Sakit) dan hanya memakamkan saja," kata Susi.

Baca juga: Alat Deteksi Covid-19 Karya Anak Bangsa Siap Sebulan Lagi

Susi mengatakan perkembangan jenazah yang dimakamkan dengan protap Covid-19 juga cepat. Menurut dia, 621 jenazah yang dimakamkan dengan protap Covid-19 merupakan data hingga Senin pukul 08.00 WIB. Sementara hingga pukul 12.00 WIB, jumlah

jenazah yang dimakamkan dengan protap Covid-19 sudah 639 jenazah. "Dan saat ini, lokasi saat ini yang dialokasikan untuk pemakaman jenazah (terkait) Covid-19, yaitu di TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur," pungkas Susi. 



Sumber: BeritaSatu.com