Presiden Perintahkan Mensos Distribusikan Sembako di Jabodetabek

Presiden Perintahkan Mensos  Distribusikan Sembako di Jabodetabek
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Novy Lumanauw / WBP Selasa, 7 April 2020 | 10:38 WIB

Bogor, Beritasatu.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara untuk segera mendistribusikan 200.000 paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada keluarga terdampak virus corona (Covid-1)9 di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

“Saya juga telah memerintahkan Mensos untuk segera mendistribusikan 200.000 paket sembako untuk wilayah Jabodetabek,” kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju melalui video conference di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/4/2020).

Baca juga: PSBB Berlaku di Jakarta, Ini 7 Kegiatan yang Dilarang

Ia mengatakan, mulai 9 April 2020 pemerintah akan mendistribusikan Kartu Prakerja, di mana anggarannya dinaikkan dari Rp 10 triliun menjadi Rp 20 triliun dengan penerima manfaat sebanyak 5,6juta orang. “Kartu Prakerja terutama untuk yang terkena PHK, pekerja informal, pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid-19,”kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa penyaluran jaring pengaman sosial harus dilakukan sesegera mungkin dan secepat mungkin. “Tepat dan cepat,” katanya.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 110 T untuk Jaring Pengaman Sosial

Menurut dia, mekanisme penyaluran program jaring pengaman sosial juga harus dibuat seefisien mungkin, menggunakan cara-cara praktis yang tidak berbelit-belit dan tidak menyulitkan masyarakat. Selain itu, dirancang berdasarkan mekanisme yang bisa melibatkan sektor usaha mikro dan usaha kecil, pedagang sembako di pasar, dan penyedia jasa transportasi ojek. “Harus bisa menggerakkan, mengikutsertakan usaha-usaha yang di bawah bersama-sama dengan kita, dan juga ekonomi yang di bawah ikut bergerak,” kata Presiden Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com