Tim Khusus Polda Kawal Pemakaman Jenazah Pasien Corona

Tim Khusus Polda Kawal Pemakaman Jenazah Pasien Corona
Tim khusus pengamanan pemakaman jenasah yang terjangkit virus corona atau Covid-19. ( Foto: Dokumen Humas Polda Metro Jaya )
Bayu Marhaenjati / IDS Selasa, 7 April 2020 | 20:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tim khusus Ditsamapta Polda Metro Jaya, melakukan pengamanan dan memberikan imbauan kepada orang yang ingin mendekati pemakaman jenazah terjangkit virus corona (Covid-19), di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat dan TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan, tim khusus siap melakukan pengamanan dan memberikan imbauan mulai pukul 07.00 hingga 17.30 WIB, di TPU Tegal Alur dan Pondok Rangon.

"Personel melaksanakan penjagaan serta memberi imbauan terhadap pihak yang ingin mendekat pemakaman jenazah," ujar Yusri, Selasa (7/4/2020).

Dikatakan Yusri, proses pemakaman sejumlah jenazah yang terjangkit virus corona berlangsung aman dan kondusif, hari ini.

"Data terakhir pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Tegal Alur sebanyak 12 jenazah dan TPU Pondok Rangon 21 jenazah," ungkapnya.

Sebelumnya Yusri menyampaikan, Ditsamapta Polda Metro Jaya membentuk tim khusus untuk mengantisipasi penolakan pemakaman dari warga atau ada pihak keluarga yang memaksa ikut ke pemakaman jenazah korban virus corona, termasuk, membantu proses pemakaman jenazah itu.

Tim khusus diawaki 60 personel yang telah mendapatkan pelatihan. Tim dibagi dua masing-masing 30 orang untuk pengamanan di TPU Tegal Alur dan TPU Pondok Rangon.

Sementara itu, dari 30 personel, empat di antaranya menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk membantu proses pemakaman bila diperlukan oleh pihak pemakaman.

"26 orang lainnya melakukan pengamanan di luar untuk mengimbau dan menghalau masyarakat yang melakukan penolakan pemakaman atau ada keluarga jenazah yang ingin ikut proses pemakaman," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com