Jokowi Lantik Riza Patria Sebagai Wagub DKI

Jokowi Lantik Riza Patria Sebagai Wagub DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (kanan) memberi salam usai pemilihan di Gedung DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Senin, 6 April 2020. (Foto: ANTARA FOTO/Deka Wira S/wpa/wsj.)
Lenny Tristia Tambun / MPA Rabu, 15 April 2020 | 13:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur (Wagub) DKI sisa masa jabatan 2017-2022 di Istana Merdeka, Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Ahmad Riza Patria diangkat berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 40/P tahun 2020 tentang pengesahan pengangkatan wakil gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2020.

Dalam Keppres tersebut, Jokowi telah memutuskan, menetapkan dan mengesahkan pengangkatan Ahmad Riza Patria sebagai Wagub DKI Jakarta sisa jabatan 2017-2022. Untuk itu, Ahmad Riza Patria akan diberikan gaji pokok dan tunjangan jabatan wakil kepala daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Keppres itu ditandatangani Jokowi pada 14 April 2020.

Setelah dibacakan isi dari Keppres tersebut, Presiden Jokowi pun melakukan sumpah jabatan terhadap Ahmad Riza Patria. Sebelumnya, ia menanyakan apakah Ahmad Riza Patria beragama Islam dan bersedia melakukan sumpah menurut agama Islam. Lalu dijawab bersedia oleh Ahmad Riza Patria.

“Apabila demikian saya minta saudara mengikuti dan mengulangi kata-kata saya. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai wagub dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945. Dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” ucap Jokowi.

Sesudah pengambilan sumpah, Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Ahmad Riza Patria yang didampingi isterinya. Karena sedang diterapkan physical distanscing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), maka ucapan selamat diberikan Jokowi tidak dengan bersalaman, hanya menyatukan telapak tangan. Hal itu juga diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Soebianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah. Semuanya menggunakan masker mulut dan hidup, termasuk Presiden.



Sumber: BeritaSatu.com