JK Bantu Anies Sterilisasi Jakarta untuk Mencegah Penularan Covid-19

JK Bantu Anies Sterilisasi Jakarta untuk Mencegah Penularan Covid-19
Ketua PMI Jusuf Kalla berbincang dengan Gubernur Anies Baswedan seusai pelepasan bantuan sterilisasi kendaraan dengan teknologi pengembunan. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Yustinus Paat / RSAT Rabu, 15 April 2020 | 14:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla memberikan bantuan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) di Jakarta. Bentuk bantuannya adalah melakukan sterilisasi kawasan Jakarta menggunakan kendaraan dengan teknologi pengembunan.

"Kita semua pergi untuk membantu Pak Gubernur untuk sterilisasi kota. Karena hanya dengan sterilisasi kota, kita dapat mengurangi. Kita tidak bisa menghabisi, hanya mengurangi, jadi mitigasi yang kita jalankan," ujar Jusuf Kalla (JK) saat acara pelepasan rombongan kendaraan sterilisasi kota di Gudang Logistik Covid-19 Markas Pusat PMI Jalan Gatot Subroto Kav. 94 Jakarta Selatan, Rabu (15/4/2020).

Acara pelepasan ini dihadiri juga oleh Anies Baswedan. JK mengatakan, upaya sterilisasi merupakan salah satu langkah yang dilakukan di banyak negara yang terjangkit Covid-19. Dia berharap dengan sterilisasi ini, kasus positif Covid-19 di Jakarta bisa berkurang. Apalagi Jakarta adalah episenter penularan Covid-19.

"Di samping jaga jarak, cuci tangan, memakai masker, tinggal di rumah itu dikerjakan oleh masyarakat. Karena itu yang kita kerjakan adalah untuk sterilisasi," tandas JK.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengapresiasi Palang Merah Indonesia (PMI) dalam upaya sterilisasi kawasan Jakarta menggunakan kendaraan dengan teknologi pengembunan. Menurut Anies, apa yang dilakukan PMI sangat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh DKI Jakarta dalam menangani Covid-19.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PMI yang sigap, cepat, dan bergerak masif untuk membantu melakukan disinfeksi di kawasan Jakarta, sterilisasi di kawasan Jakarta. Dan alat-alat yang digunakan adalah alat-alat yang sangat sesuai dengan apa yang harus dilakukan yaitu membuat embun, di mana embun itu mengandung zat-zat kimia yang bisa melakukan sterilisasi. Jadi kami mengapresiasi sekali, insyaAllah ini memberikan manfaat bagi Jakarta dan Jabodetabek juga karena operasinya di kawasan Jabodetabek," ungkap Anies.



Sumber: BeritaSatu.com