Penuhi Stok Darah, PMI Tangerang Jemput Bola

Penuhi Stok Darah, PMI Tangerang Jemput Bola
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang melakukan aksi donor darah di kawasan Periuk, Jumat (8/5/2020). (Foto: Berita Satu / Chairul Fikri)
Chairul Fikri / BW Sabtu, 9 Mei 2020 | 11:39 WIB

Tangerang, Beritasatu.com – Untuk memenuhi stok darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang melakukan jemput bola. Mereka menjemput pendonor darah di kediamannya masing-masing.

Terakhir, mereka melakukan aksi donor darah di kawasan Periuk, Jumat (8/5/2020).

"Aksi menjemput ke rumah merupakan program PMI Kota Tangerang untuk menjaga ketersediaan stok darah bagi warga yang membutuhkan,” kata Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang, Ade Kurniawan, Sabtu (9/5/2020).

Menurutnya, aksi tersebut untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya pada saat pembatasan social berskala besar (PSBB).

“Jadi masyarakat tidak perlu bingung atau malas datang ke PMI Kota Tangerang. Dengan jumlah pendonor dari 8 sampai 20 orang, kami akan mendatangi ke rumah warga," ungkap Ade.

Ditambahkan Ade, PMI terus mengupayakan ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan dengan cara apa pun.

Sementara itu, PMI Kabupaten Tangerang memberikan sembako bagi masyarakat yang mendonorkan darahnya.

Pada masa PSBB dan juga bulan puasa, pendonor darah di Kabupaten Tangerang jauh menurun, sehingga stok darah menurun drastis.

Menurutnya, kebutuhan dan stok darah di Kabupaten Tangerang sudah sangat minim, sedangkan keterbutuhan tranfusi darah tidak dapat ditunda, terutama bagi pasien penderita thalasemia, kanker, dan juga cuci darah. Oleh karena itu, ujarnya, PMI Kabupaten Tangerang membuat kebijakan untuk memberikan paket sembako berisi beras, minyak goreng, sarden, dan mi instan.

“Kami juga memberikan masker, hand sanitizer, serta dua strip obat penambah darah kepada para pendonor. Hal ini tentunya demi menjaga stok darah dan juga menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan," tandas Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Tangerang, Zainal Muttaqien.



Sumber: BeritaSatu.com