Sempat Siaga Banjir, Kamis Pagi Bendung Katulampa Normal

Sempat Siaga Banjir, Kamis Pagi Bendung Katulampa Normal
Bendung Katulampa. (Foto: Antara)
Vento Saudale / JEM Kamis, 21 Mei 2020 | 10:52 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Debit aliran Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa sempat mengalami Siaga III Banjir pada Rabu (20/5/2020) malam, namun Kamis (21/5/2020) pagi, debit aliran sungai kembali dalam kondisi normal. Sementara BMKG memprediksikan, pada Kamis sore ini, Bogor masih akan mengalami hujan deras.

Debit air di Bendung Katulampa mengalami kenaikkan drastis pada level Siaga III pada Rabu (20/5/2020) malam. Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman menuturkan, ketinggian air 140 sentimeter dengan debit air mencapai 246.000 meterkubik/detik pada pukul 22.00.

Ketinggian berangsur turun berkurang seiring curah hujan di Bogor mereda pada Rabu malam menjelang Kamis dini hari.

“Kamis pagi terpantau ketinggian kembali normal 40 sentimeter pukul 07.00 hingga pukul 09.00,” Andi mengonfirmasi, Kamis (21/5/2020).

Demikian juga dengan ketinggian di Pintu Panus, Depok mencapai 150 sentimeter dan Pintu Air Manggarai dengan ketinggian 620 sentimeter dengan level normal.

Meski demikian, Andi meminta agar warga di sempadan sungai tetap waspada. Mengingat curah hujan masih berpeluang terjadi pada Kamis sore. Berdasarkan laporan BMKG hujan dengan intensitas sedang dan lebat yang disertai petir serta angin kencang sore hingga malam hari.

“Tetap waspada, karena curah hujan tinggi masih terjadi sore nanti,” tambah Andi.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG Jawa Barat, pagi hari secara umum cerah berawan hingga berawan, berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Bogor, Kota Bogor, Sukabumi, dan Kota Depok.

Siang dan sore hari, secara umum cerah berawan hingga berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan sekitar DKI Jakarta.

Malam hari, secara umum cerah berawan hingga berawan, masih berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Bekasi, Kota Bekasi, Karawang dan Indramayu.

Untuk suhu udara wilayah Jawa Barat bagian Utara 22 – 33 derajat selsius, dengan kelembapan udara Jawa Barat bagian Utara : 60 – 95 persen. Sedangkan suhu udara wilayah Jawa Barat bagian selatan 19 – 33 derajat celsius, dengan kelembaban udara Jawa Barat bagian selatan 65 – 95 persen.

Angin secara umum bertiup dari arah Barat hingga Timur hingga Timur Laut dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.



Sumber: BeritaSatu.com