Malam Ini Satpol PP DKI Merazia Pasar Malam

Malam Ini Satpol PP DKI Merazia Pasar Malam
Petugas Satpol PP mengawasi aktivitas PKL yang menjamur di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Senin, 18 Mei 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Yustinus Paat / AMA Jumat, 22 Mei 2020 | 17:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Satpol DKI Jakarta melakukan razia besar-besaran malam ini untuk menertibkan sejumlah pasar malam yang sudah mulai dibuka. Satpol PP DKI akan mengerahkan suluruh sumber dayanya untuk memastikan tidak ada pelanggaran ketentuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Saya dapatkan laporan banyak bahwa sekarang dibuka lagi pasar-pasar malam, nanti malam akan ada kegiatan operasi skala besar di masing-masing kota, secara serentak nanti malam 19.00 WIB akan bergerak," ujar Kepala Satpol PP DKI Arifin saat dihubungi, Jumat (22/5/2020).

Arifin mengatakan, semua anggota Satpol PP baik tingkat provinsi, kota, kecamatan hingga kelurahan akan bergerak secara serentak untuk menertibakan keramaian pasar malam di wilayahnya masing-masing. Termasuk, kata dia, kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang dimiliki Satpol akan digunakan semuanya.

"Ini adalah hari pertama PSBB dilanjutkan tahap ke-3, saya ingin kirim pesan kepada seluruh warga bahwa Satpol PP tidak akan pernah berhenti, tidak akan pernah lelah kita akan terus mengetatkan pengawasan pendisiplinan, penindakan kepada warga yang melanggar PSBB," tandas Arifin.

Terkait sanksi terhadap keramaian di pasar malam, kata Arifin, akan bervariasi sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi terhadap Pelanggaran PSBB di Jakarta. Sanksi terberat, kata dia, adalah pembubaran pasar malam tersebut.

"Sanksinya macam-macam, mulai dari teguran, sanksi kerja sosial seperti nyapu-nyapi, ada sanksi penyegelan kalau dia tempat usaha, dan juga ada sanksi denda kalau dia bukan termasuk tempat usaha yang dikecualikan," ungkap dia.



Sumber: BeritaSatu.com