Wali Kota Bekasi Salat Id di Masjid Al Kautsar

Wali Kota Bekasi Salat Id di Masjid Al Kautsar
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama keluarga dan masyarakat Pekayonjaya melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Al Kautsar, Bekasi selatan, Minggu (24/5/2020). (Foto: Suara Pembaruan / Mikael Niman)
Mikael Niman / YS Minggu, 24 Mei 2020 | 12:37 WIB

Bekasi, Beritasatu.com – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan keluarga melaksanakan salat Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah di Masjid Al Kautsar yang berlokasi di RT 08/RW 01 Perumahan Pondok Pekayon Indah, Kecamatan Bekasi Selatan, Minggu (24/5/2020).

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi telah menyetujui diselenggarakan Salat Id di kelurahan yang masuk zona hijau. Sebanyak 51 dari total 56 kelurahan se-Kota Bekasi dinyatakan zona hijau dan diperbolehkan melaksanakan Salat Id berjamaah di masjid.

Kelurahan Pekayonjaya, tempat Rahmat Effendi menunaikan salat Id, merupakan salah satu kelurahan yang dinyatakan zona hijau penanganan Covid-19.

“Kami melaksanakan kegiatan salat Idulfitri dengan warga sekitar, dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Rahmat Effendi, Minggu (24/5/2020).

Di masjid tempat berlangsungnya salat Id, semua jamaah dilakukan pengecekan protokol kesehatan seperti mengukur suhu tubuh, mengenakan masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer, pembatasan jarak fisik.

Panitia Salat Id juga telah memastikan 98 jemaah yang mengikuti salat Id bersama Wali Kota Bekasi dan keluarga telah dinyatakan negatif hasil tes cepat Covid-19, yang sebelumnya telah dilaksanakan tes cepat.

“Terdata ada sekitar 1.000 masjid yang melaksanakan salat Idulfitri dari jumlah total sebanyak 1.280 masjid yang ada di 12 kecamatan se-Kota Bekasi. Ini karena terdapat 51 kelurahan atau 90 persen dari 56 kelurahan yang masuk zona hijau dan bisa melaksanakan salat Idulfitri,” beber Rahmat.

Dia menjelaskan, penetapan 51 kelurahan zona hijau sesuai dengan rapat dengan MUI Kota Bekasi.

“Kelurahan yang melaksanakan ibadah sudah dinyatakan zona hijau dapat melaksanakan salat Id,” katanya.

Meski begitu, kata dia, ada beberapa wilayah yang dinyatakan sebagai zona hijau namun meniadakan salat Id.

“Kami hargai karena sebagai bagian hak masing-masing pengurus masjid,” imbuhnya.



Sumber: Suara Pembaruan