Hari Kedua Lebaran, Jakarta Lengang

Hari Kedua Lebaran, Jakarta Lengang
Suasana lalu lintas di kawasan Monas, Senin (25/5/2020), tampak lengang. (Foto: Berita Satu / Bayu Marhaenjati)
Bayu Marhaenjati / BW Senin, 25 Mei 2020 | 14:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Arus lalu lintas Jakarta terpantau lengang dan lancar pada hari kedua Idulfitri, Senin (25/5/2020).

Suasana sepi terjadi karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terkait penanganan dan pencegahan penularan Covid-19.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, arus lalu lintas di Jalan Raya Ciledug, Kebayoran Lama, Jalan Hang Tuah, Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Senayan, Jalan MH Thamrin, Bundaran HI, hingga Monas, Jalan Medan Merdeka Barat, terlihat lengang dan lancar, sekitar pukul 13.00 WIB.

Tidak tampak titik kemacetan, bahkan di titik perempatan jalan atau traffic light. Semisal di perempatan Sarinah, Jalan MH Thamrin, hanya ada satu dua kendaraan yang berhenti menunggu lampu hijau menyala.

Lalu lintas di kawasan Monas, Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan, juga tampak lengang. Hanya satu dua kendaraan dan bus Transjakarta yang sesekali melintas.

Sejumlah perkantoran, mal, sekolah, restoran, bank, terlihat tutup. Termasuk, sarana angkutan Mass Rapid Transit (MRT). Hanya beberapa sekuriti yang terlihat melakukan penjagaan di depan gedung perkantoran.

Personel TNI-Polri menjaga di kawasan Bundaraan HI. Kendaraan polisi juga patroli di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin.

Sementara itu, aparat gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, dan instansi lainnya juga terlihat melakukan pengecekan, pengawasan, dan pengaturan di pos cek poin di depan Universitas Budi Luhur, Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Para petugas mengimbau kepada masyarakat yang melintas agar selalu menggunakan masker.

Pemerhati masalah transportasi, Budiyanto mengatakan, situasi Ibu Kota Jakarta terpantau lengang. "Saya keliling Jakarta pakai sepeda motor, situasi lalu lintas lengang," ujarnya, kepada Beritasatu.com.

Sebelumnya, Budiyanto telah memperkirakan situasi arus lalu lintas Jakarta akan kondusif pada malam takbiran dan Idulfitri. Sebab, Jakarta masih memberlakukan PSBB.

"Saya kira situasi relatif landai walaupun mungkin masih ada yang berkeinginan untuk mudik dengan memanfaatkan jalan-jalan tikus atau jalan yang jauh dari pantauan petugas. Kalau di Jakarta karena masih diberlakukan PSBB saya kira relatif terkendali," kata Budiyanto, pekan lalu.

Budiyanto menuturkan, kemungkinan volume lalu lintas kendaraan akan mengalami peningkatan setelah Idulfitri. "Ada peningkatan setelah hari raya karena pegawai BUMN di bawah umur 45 kan masuk seperti biasa," katanya.

Sementara itu, kawasan Monas juga terlihat sepi pada hari kedua Idulfitri. Sebab, pengelola memang menutup tempat wisata andalan warga Jakarta itu terkait pencegahan penularan Covid-19. Kendati demikian, aparat tetap melakukan penjagaan dan pengawasan di sekitar Monas.

"Tempat wisata tutup. Masyarakat sudah tahu tempat wisata sudah tutup lebih dari 2 bulan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus.

Yusri menyampaikan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat pada malam takbiran dan Idulfitri 1441 H terpantau aman serta kondusif, di Jakarta. "Alhamdulillah situasi aman dan kondusif," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com